Resep Bakmi Ketoprak Solo

 on Friday 11 March 2016  

Resep Bakmi Ketoprak Solo


Satu lagi masakan khas solo yang ingin saya bagikan di resepaladebora.blogspot.co.id yaitu Resep Bakmi Ketoprak Solo. Entah kenapa lagi seneng saja berbagi resep-resep masakan khas dari daerah saya. Mungkin buat teman-teman di luar solo kurang familier dengan namanya. Tetapi jika kita menanyakan menu makanan ini ke orang asli atau yang pernah tinggal di kota solo, saya jamin pasti mengenalnya.

Resep Bakmi Ketoprak Solo

Bakmi ketoprak atau yang lebih dikenal dengan bakmi toprak atau mie toprak memiliki kuah yang bening. Untuk rasanya, bakmi toprak memiliki rasa yang hampir mirip dengan soto. Yang membedakan ada pada isinya yang sangat beragam. Saya pernah mencoba bakmi ketoprak Yu Nani, isinya sangat bermacam-macam. Ada daging sapi, tetelan, mie putih dan kuning, tahu tempe, bakwan, sosis solo, dan masih banyak lagi, Bisa dibayangkan bagaimana penuhnya piring saya.

Resep Bakmi Ketoprak Solo
Di dekat saya tinggal pun ada beberapa penjual bakmi ketoprak, tinggal pilih yang harganya berapa. Saya pernah mencoba dari yang seporsi harganya Rp. 3.000,00 sampai Rp. 15.000,00. Ya, semua tergantung isinya si. Kalau isinya cuma sayuran dan tahu tempe saja cuma bermodal Rp. 3.000,00 bisa dapet, kenyang. Tapi tunggu dulu, yakin cara masaknya bersih? Yakin tanpa bahan-bahan berbahaya? Tetap paling sehat dan bersih itu masakan sendiri, makanya kali ini resep ala debora membagikan Resep Bakmi Ketoprak Solo. Silahkan disimak.

Bahan Kuah:
250 gram daging sapi (bisa juga gunakan tetelan)
5 siung bawang putih, haluskan
garam, merica, gula
daun salam
daun jeruk purut
jahe

Pelengkap:
mie putih dan mie kuning
tahu tempe goreng, iris kecil-kecil
kol, iris tipis
taoge (tapi kemarin saya tidak pakai)
kacang tanah, goreng
sosis solo (jika suka)
bakwan (jika suka)
daun seledri
bawang goreng
jeruk nipis
sambal

Cara membuat:
1. Rebus daging sapi hingga daging menjadi empuk, angkat daging dan potong kecil-kecil.
2. Masukkan bumbu-bumbu yang lainnya. Masak hingga matang.
3. Tata pelengkap ke dalam piring/mangkuk, siram dengan kuah.

Sebenarnya cara membuatnya tidaklah susah, tidak perlu keahlian khusus. Biasanya yang membuat malas adalah banyaknya pelengkap yang harus disediakan, tetapi tidak harus semua ada. Seperti yang saya masak kali ini, tidak memakan sosis, bakwan, taoge. Jadi tidak perlu terlalu dipikirkan masalah itu, memasak itu sehappynya kita saja kok bun.

Selamat mencoba, God Bless..
Resep Bakmi Ketoprak Solo 4.5 5 Debora Friday 11 March 2016 Resep Bakmi Ketoprak Solo Satu lagi masakan khas solo yang ingin saya bagikan di resepaladebora.blogspot.co.id yaitu Resep Bakmi Ketoprak...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.