Cara Memasak Sambal Tumpang Solo

 on Wednesday 9 September 2015  

Cara Memasak Sambal Tumpang Solo

Beberapa hari yang lalu saya membeli tempe, tetapi tidak sempat untuk memasaknya. Saat saya buka kemasannya ternyata sudah hampir membusuk. Tanpa perlu berfikir lama lagi, langsung tempe tersebut saya olah menjadi sambal tumpang sebagai menu sarapan di keluarga saya.

Sambal tumpang adalah olahan makanan yang berbahan dasar tempe yang diberi santan dan racikan bumbu-bumbu. Agar sambal tumpang lebih sedap kita gunakan tempe yang sudah membusuk dicampur dengan tempe baru. Cara memakannya dengan ditambahkan rebusan berbagai macam sayur yang tentunya membuat masakan ini menjadi masakan yang kaya serat.


Sambal Tumpang


Bahan-bahan:
1 papan tempe busuk
1 papan tempe segar
santan dari 1 butir kelapa
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
cabai menurut selera
1 ruas kencur
10 biji tahu, potong kotak-kotak
daun salam
lengkuas
daun jeruk
garam
1/2 sendok teh gula
penyedap

Sayuran:
1 ikat bayam
1 ikat kecil kacang panjang
taoge
1 ikat keningkir

Cara memasak:
1. Rebus tempe, bawang putih, bawang merah, kencur, cabai, daun salam, lengkuas dan daun jeruk dengan sedikit air. Angkat.
2. Ulek tempe, bawang merah, bawang putih, kencur dan cabai hingga halus.
3. Masukkan kembali ke dalam air rebusan tadi. Rebus kembali.
4. Tambahkan santan, tahu, garam, gula pasir dan penyedap.
5. Tunggu hingga matang.
6. Angkat dan sajikan bersama rebusan sayuran.

Dapat ditambahkan krecek ke dalam sambal tumpang ini, tetapi karena pagi itu persediaan krecek di rumah tidak ada jadi saya tidak menggunakannya. Sayur sambal tumpang ini cocok dinikmati dengan telur dadar dan nasi hangat. Selamat mencoba.

Nantikan postingan-postingan resepaladebora yang lainnya, tentu saja tetap dengan tema resep rumahan yang mudah dipraktekkan untuk para pemula dalam dunia masak memasak.

God Bless.
Cara Memasak Sambal Tumpang Solo 4.5 5 Debora Wednesday 9 September 2015 Cara Memasak Sambal Tumpang Solo Beberapa hari yang lalu saya membeli tempe, tetapi tidak sempat untuk memasaknya. Saat saya buka kemas...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.