Resep Terang Bulan Teflon

 on Thursday 7 January 2016  

Resep Terang Bulan Teflon


Setelah sekian kali mencoba akhirnya terang bulan teflonku sukses juga. Tapi masih kurang rapi mengirisnya, gara-gara p.kai pisau yang kurang tajam. Hehe.. tapi tak apalah, yang terpenting adalah rasanya, tidak kalah sama yang dijual dipasaran.


Membuat terang bulan teflon itu menurutku gampang-gampang susah. Kalau dilihat dari resepnya sepertinya mudah, tapi eksukusinya kadang tidak sesuai dengan harapan. Uji coba pertama saya gagal karena adonan tidak mengembang dan tidak berlubang bersarang, uji coba kedua dan ketiga bawah sudah hangus tapi atasnya belum matang sempurna, dan inilah uji coba saya yang terakhir. Selamat mempraktek resep terang bulan teflon ini.

Resep terang bulan teflon:
200 gram tepung terigu
2 butir telor
2 sendok makan gula pasir
2 sendok makan susu bubuk
1 bungkus vanili
Air secukupnya
1 sendok teh baking soda
1 sendok teh baking powde
1 sendok makan air
Margarin
Meises, keju, kacang, susu kental masih (untuk topping sesuai selera)

Cara membuat:
1. Campur tepung terigu, telur, gula pasir, susu bubuk, vanili dan air sampai rata, diamkan 1 jam.
2. Setelah 1 jam ditempat berbeda larutkan baking soda dan baking powder, kemudian campurkan ke adonan tadi, aduk hingga rata.
3. Panaskan teflon sampai panas, kecilkan api, tuang dan ratakan adonan.
4. Tutup teflon sampai keluar gelembung-gelembung kaya di foto, beri taburan gula pasir, tutup lagi sampai semua permukaan matang merata.
5. Angkat, olesi dengan margarin dan beri toping sesuai selera. Terang bulan teflon siap dinikmati.

Saya juga mau bagikan beberapa tips agar terang bulan teflonnya berhasil.
1. Pastikan teflon sudah benar benar panas saat adonan dituang, tandanya teflon sudah panas dapat kita lihat ketika kita menuang adonan untuk pertama kali akan terdengar bunyi cess.
2. Kecilkan api setelah teflon panas dan segera tuang adonan. Gunakan api yang paling kecil agas tidak hangus.
3. Satu tips lagi agar terang bulan teflon kita tidak hangus, alasi teflon dengan loyang atau bisa juga dengan cara menumpuk 2 planggrangan kompor. Disini intinya kita tidak langsung memanaskan teflon di atas api kompor karena teflon tidak setebal cetakan terang bulan yang biasanya. Jadi akan mudah hangus jika terlalu dekat dengan api.
4. Jangan lupa tutup teflon.
5. Olesi teflon dengan margarin agar tidak lengket.
6. Saat mengaduk adonan jangan terlalu lama, yang penting sudah tercampur.

Sekian resep dan tips membuat terang bulan teflonnya. Selamat mencoba, ingat memasak sendiri berarti anda mencintai tubuh anda, karena memasak sendiri jauh lebih sehat dari pada membeli di luar. Jangan pernah takut gagal saat mencoba, jika merasa takut dan takut kita tidak akan pernah mencoba dan tidak akan pernah sukses. God Bless
Resep Terang Bulan Teflon 4.5 5 Debora Thursday 7 January 2016 Resep Terang Bulan Teflon Setelah sekian kali mencoba akhirnya terang bulan teflonku sukses juga. Tapi masih kurang rapi mengirisnya, gar...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.