Resep Wedang Asle Khas Solo

 on Monday 7 March 2016  

Resep Wedang Asle Khas Solo


Ini namanya Wedang Asle minuman khas Solo. Mungkin kurang faminier di telinga mereka yang bukan asli solo atau belum pernah mampir solo. Iya sih, memang lebih terkenal wedang ronde. Tapi rasa wedang asle tidak kalah kok dari wedang ronde.

Resep Wedang Asle Khas Solo

Wedang ini berisi ketan putih, potongan agar-agar, sedikit gula pasir dan irisan roti tawar yang dicampur dengan santan hangat yang gurih. Biasanya dinikmati saat sore atau malam hari.


Wedang asle ini mudah sekali kita temui di sekitaran lapangan manahan atau depan SMA 4 Solo. Biasanya satu gerobak dengan wedang ronde. Tapi buat yang sedang tidak berada di kota solo tetapi kangen sama minuman ini, bikin saja sendiri. Tenang, resep ala Debora kali ini ingin berbagi resep wedang asle khas solo.

Bahan-bahan:
Ketan putih
Agar-agar merah, potong kecil-kecil
Roti tawar, potong sesuai selera
Santan
Garam
Gula

Cara membuat:
1. Masak ketan putih seperti kita memasak nasi. Tetapi ganti airnya dengan menggunakan santan. Sisihkan.
2. Rebus santan dan beri sedikit garam untuk kuahnya. Sisihkan.
3. Tata di dalam gelas/mangkuk ketan, agar-agar dan roti tawar.
4. Beri 1 sendok gula pasir atau sesuai selera.
5. Tuangkan kuah santan ke atasnya dan wedang asle siap untuk dinikmati.

Nikmati wedang asle ini selagi masih panas/hangat. Karena memang namanya wedang, kalau di jawa wedang itu berarti minuman panas.

Selamat mencoba resep wedang asle khas solo, semoga bisa mengobati rasa rindu kalian pada kota solo tercinta. God bless.
Resep Wedang Asle Khas Solo 4.5 5 Debora Monday 7 March 2016 Resep Wedang Asle Khas Solo Ini namanya Wedang Asle minuman khas Solo. Mungkin kurang faminier di telinga mereka yang bukan asli solo ata...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.