Resep Pepes Jamur

 on Wednesday, 20 April 2016  

Resep Pepes Jamur


Kemarin waktu sepedaan sama suami, mampir sarapan di salah satu tempat makan masakan jawa. Salah satu menu yang menarik hati kita adalah pepes jamur. Kalau biasanya peper berisi ikan, ini ada pepes berisi jamur. Singkat cerita belilah kami pepes jamur dan nasi anget. Ternyata enyak enyak enyak...


Sesampainya di rumah jadi kepikiran masak pepes jamur sendiri. Yah, bagaimanapun tetep lebih puas kalau masak sendiri. Kemarin beli 1 bungkus Rp. 5.000,00. Kalau masak sendirikan bisa nambah sepuas hati tanpa berpikir nambah biaya. Hehe, emak-emak banget ya pikirannya. Asal bahan-bahannya mudah didapat dan membuatnya tidak susah, kenapa tidak? Ya sudah, dari pada ndengerin ocehan saya mending langsung ke resepnya saja.

Bahan-bahan: 

250 gram jamur
1/2 butir kelapa yang masih muda, parut
3 siung bawang putih
4 siung bawang merah
Garam dan penyedap
Cabai sesuai selera
Daun salam dan lengkuas, iris kecil
Daun pisang dan lidi untuk membungkus

Cara membuat:
1. Suwir-suwir jamur dan rebus sebentar. Sisihkan.
2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai, garam dan penyedap.
3. Campurkan jamur, bumbu halus dan kelapa hingga rata.
4. Bungkus jamur dengan tambahan daun salam dan lengkuas.
5. Kukus kurang lebih 30 menit, angkat dan sajikan.

Cukup mudah bukan membuatnya? Itu tadi saya hanya bermodal Rp 8.500,00 untuk membeli jamur Rp 5.000,00 dan kelapa parut Rp 3.500,00. Bisa jadi 8 bungkus. Trus bahan-bahan lainnya bagaimana? Hehe, kebetulan kalau bawang merah, bawang putih, lengkuas dan garam sudah ada di rumah. Kalau daun pisang, cabai dan daun dandan tinggal petik saja di halaman.

Kemarin beli Rp 5000,00 makannya nggak puas, sekarang masak sendiri Rp 8.500,00 bisa nambah sesuka hati. Hayo para bunda, masih ingin beli lauk di luar?

Sekian sharing dari saya. God bless
Resep Pepes Jamur 4.5 5 Debora Dwi Wednesday, 20 April 2016 Resep Pepes Jamur Kemarin waktu sepedaan sama suami, mampir sarapan di salah satu tempat makan masakan jawa. Salah satu menu yang menarik...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.