Resep Cheddar Cotton Cheesecake

 on Wednesday, 12 April 2017  


Resep Cheddar Cotton Cheesecake


Cotton cheesecake atau yang sering disebut japanese cheesecake merupakan salah satu cake yang cukup terkenal di Jepang. Resep cotton cheesecake sebenarnya menggunakan cream cheese, tetapi berhubung saya tidak memiliki cream cheese saya menggunakan keju cheddar. Maka dari itu namanya menjadi cheddar cotton cheesecake.

Cara pembuatan cotton cheesecake hampir mirip dengan chiffon cake, perbedaannya hanya pada pengovenan. Jika chiffon cake di oven langsung, cotton cheesecake menggunakan teknik au bien marie. Au bin marie adalah salah satu proses pemanggangan dengan merendam loyang di dalam loyang yang lebih besar yang berisi air panas kira-kira 1 - 1,5 cm.



Cotton cheesecake memiliki tekstur yang lebut seperti kapas dan lebih lembut dari chiffon cake. Jika dimakan akan terdengar suara ceesss... itu menunjukkan betapa lembutnya cotton cheesecake. Rasa gurih juga menambah sensasi berbeda ketika memakannya. Cotton cheesecake atau japanese cheesecake lebih nikmat dimakan saat masih angat, turun dari oven. Atau dapat juga dinikmati dingin, dmasukkan ke dalam lemari pendingin.

Pastinya sudah pada tidak sabar buat mencicipinya? Silahkan dipersiapkan bahan-bahannya dan dibaca baik-baik cara membuatnya. Jika semua benar, pasti hasilnya akan cantik dan mulus seperti gambar saya.


Bahan A:
200 ml susu cair
100 gram keju cheddar
60 gram margarin
45 gram tepung terigu
15 gram maizena
5 kuning telur

Bahan B:
5 putih telur
1 sendok teh cream of tar tar
120 gram gula pasir

Cara membuat:
1. Bungkus loyang bundar berukuran 18 cm dengan menggunakan alumunium foil, 2 lapis. Olesi permukaan dalamnya dengan margarin. Alasi dengan kertas roti.
2. Bungkus loyang yang ukurannya lebih besar dari loyang 1 dengan alumunium foil, 2 lapis. Sisihkan.
3. Campurkan susu cair dan keju cheddar sampai keju larut dengan api kecil. Matikan api, masukkan margarin. Tunggu dingin.
4. Setelah dingin masukkan tepung terigu, maizena dan telur, campur dengan wisker hingga rata. Saring dan sisihkan.
5. Dalam wadah terpisah, kocok putih telur dan cream of tartar hingga memucat. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit. Mixer dengan kecepatan tertinggi sampai putih telur menjadi kaku. Untuk mengecek, balikkan putih telur, jika tidak tumpah berarti sudah benar.
6. Campurkan adonan A dan adonan B dengan spatula hingga rata.
7. Tuang adonan ke dalam loyang bundar, panggang dengan metode au bien marie selama kurang lebih 2 jam dengan suhu 180 derajat.
8. Diamkan 10 menit di dalam oven setelah matang, agar tidak cempat kempes.
9. Keluarkan dari loyang, dan siap disajikan.

Sebenarnya proses pembuatannya mudah, tetapi kadang kita tidak teliti membacanya. Sekarang saya mau beri beberapa tips agar lebih sukses lagi.
1. Agar lebih mudah mengeluarkan cotton cheesecake dari loyang, lapisi loyang dengan kertas roti.
2. Kesalahan terbesar pembuatan cotton cheesecake biasanya pada pengocokan putih telur. Kocok sampai benar-benar kaku, kalau tidak cotton cheesecake akan turun kalau dingin.
3. Pastikan oven sudah panas sebelum adonan dimasukkan.
4. Pastikan cotton cheesecake sudah benar-benar matang sebelum diangkat. Gunakan lidi untuk pengecekan, jika tidak ada adonan yang menempel ketika ditusukkan maka cotton cheesecake sudah matang.
5. Perhatikan air dalam proses pemanggangan, jangan sampai airnya sampai habis karena akan menjadikan permukaan cotton cheesecake tidak mulus.

Sekian resep dan tips cotton cheesecake atau japanese cheesecake dari saya. Semoga membantu dan selamat mencoba.
Resep Cheddar Cotton Cheesecake 4.5 5 Debora Dwi Wednesday, 12 April 2017 Resep Cheddar Cotton Cheesecake Cotton cheesecake atau yang sering disebut japanese cheesecake merupakan salah satu cake yang cukup te...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.