Resep Banana Choco Muffin Lembut

 on Saturday, 22 July 2017  

Resep Banana Choco Muffin Lembut


Resep Banana Choco Muffin Lembut - Banana choco muffin dalam bahasa Indonesia menjadi muffin pisang coklat. Hihihi, nggak elegan banget ya namanya. Ya sudah, sebut saja banana choco muffin. Bikin resep ini awalnya karena punya pisang ambon yang sudah menghitam. Tau kan? Pisang ambon kalau kelamaan disimpan kulitnya akan keluar bentol bentol coklat dan semakin lama akan semakin menghitam. Biasanya kalau sudah kayak gini, yang mau makan jadi enggan. Dibuang juga sayang. Iya nggak bun? Maka dari itu resep ala Debora mau berbagi resep banana choco muffin agar pisang ambonnya tidak terbuang sia-sia.

Dari berbagai resep muffin yang ada, menurutku ini yang paling mudah dipraktekin. Nggak ribet, no mixer, tinggal aduk rata dan oven doank. Cumaaa... kadang prakteknya tidak seperti yang kita bayangkan. Sudah membayangkan muffin yang menul-menul, tetapi jadinya malah bantat. Tips dalam membuat resep banana choco muffin, jangan terlalu lama mengaduk adonan. Cukup dicampurkan saja hingga tercampur rata. Kalau terlalu lama diaduk malah akan membuat banana choco muffinnya nggak mengembang dan keras.

Tips lain dalam membuat banana choco muffin, gunakan pasang yang sudah benar-benar matang, semakin matang akan semakin enak. Tapi jangan yang busuk juga ya.. hehe... Pisang yang matang aromanya semakin kuat, jadi kalau dibuat banana choco muffin akan menambah  harum aroma pisangnya. Kadang pula, kalau kita menggunakan pisang yang kurang matang akan mempengaruhi rasa dari kuenya sendiri. Banana choco muffinnya akan sedikit sepat. Untuk jenis pisangnya sendiri sebenarnya terserah, seadanya. Tetapi kebanyakan orang menggunakan pisang ambon. Saya pernah menggunakan pisang lain rasanya juga nggak kalah enak kok.

Resep banana choco muffin ini saya dapatkan dari googling juga, tetapi ada beberapa hal yang saya kurangi dan tambahin. Sekali mencoba langsung jatuh hati, enaaaakkkk bangeeetttt... endddeeeeesssss..... Rasa coklatnya wow, pisangnya juga kerasa, manisnya pas, makan 1 kurang. Hahaha... siap-siap berat badan nambah ni...

Selain itu juga ngirit, 1 resep bisa jadi 15 - 18 cup. Andaikan beli di luar, berapa rupiah tuh keluar. Padahal kalau masak sendiri paling habis 10rb, itu kalau pisangnya nggak beli lho bun. Coba deh itung, bisa ngirit berapa coba? Selain itu bisa nambah sepuasnya. Para bunda pasti suka kalau lihat kayak gini. hehe, tapi ya itu, harus mau susah-susah dulu di dapur. Nih bun, tak bagi resep banana choco muffin ala debora.

Resep Banana Choco Muffin Lembut 


Bahan-bahan:
190 gram tepung terigu
180 gram gula pasir
50 gram coklat bubuk
1 sdt baking powder
1 sdt baking soda
1/2 sdt garam halus
350 gram pisang (setara 3 buah pisang ambon)
1 butir telur
80 ml minyak goreng
choco chips sesuai selera

Cara membuat:
1. Campur tepung terigu, gula pasir, coklat bubuk, baking powder, baking soda dan garam halus.
2. Di tempat terpisah haluskan pisang ambon, campur dengan minyak goreng dan telur yang sudah dikocok lepas. Aduk hingga rata.
3. Masukkan adonan cair ke adonan kering, aduk hingga rata, beri tambahan chocochips. Aduk hingga semua adonan rata. Ingat, hanya sampai rata saja. Jangan terlalu lama mengaduknya.
4, Tuang ke dalam cetakan yang sudah disiapkan, tetapi jangan terlalu penuh. Cukup 3/4nya saja.
5. Oven dengan suhu 180 derajat selama 30 menit, atau sampai matang. Tergantung kompor atau oven masing-masing. Kalau saya biasanya menggunakan api atas bawah. Tes dengan tusuk gigi untuk membuktikan bahwa banana choco muffin sudah matang sempurna.
6. Angkat dan sajikan

Tips lagi dalam pembuatan resep banana choco muffin, panaskan oven terlebih dahulu. Jangan masukkan adonan muffin saat oven belum panas, karena akan mengurangi proses pengembangan adonan. Kalau saya, sebelum memulai menimbang adonan, oven sudah saya nyalakan. Tujuannya agar oven sudah cukup panas saat digunakan.

Sekian resep yang dapat saya bagikan. Selamat mencoba. God Bless..

Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!
(Roma 11 : 36)
Resep Banana Choco Muffin Lembut 4.5 5 Debora Dwi Saturday, 22 July 2017 resep banana choco muffin lembut Resep Banana Choco Muffin Lembut Resep Banana Choco Muffin Lembut - Banana choco muffin dalam bahasa Indonesia menjadi muffin pisang c...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.