Resep Gudangan Kulupan khas Solo

 on Sunday, 23 July 2017  

Resep Gudangan Kulupan khas Solo


Resep Gudangan Kulupan khas Solo - Di Solo gudangan sering digunakan untuk acara bancaan. Buat merayakan hari lahir (kalau di jawa pakai weton), slametan, pindahan rumah (slup-slupan), ucap syukur kelulusan, dll. Tapi sekarang kebiasaan adat tersebut sudah mulai ditinggalkan. Kalau mau ngadain ulang tahun anak ya lebih pilih ke restoran. Iya nggak bun?

Gudangan dalam bancaan biasanya disajikan dengan piring yang terbuat dari daun pisang, atau yang sering disebut pincuk. Ditambah dengan tempe secuil, telur secuil, ikan asin, dan juga peyek. Karena lauknya yang secuil secuil dan berpiring pincuk jadi menambah rasa nikmatnya nasi gudangan. Walau sekarang tidak pernah lagi dapat bancaan, saya masih sering bikin pincukan sendiri. Selain karena lebih nikmat, sambil mengenang masa lalu. Tapi abaikan paha ayam di gambar pincukan saya ya, itu hanyalah kekilafan saya. Hehehe...

Nasi gudangan sering juga disebut nasi kulub atau nasi urap. Setiap daerah sepertinya memiliki nama masing-masing. Gudangan berisi sayur mayur yang direbus dan diberi sambal kelapa yang masih muda. Gudangan memiliki cita rasanya pedas, manis dan gurih. Cocok di lidah orang jawa.

Nasi gudangan merupakan makanan yang kaya gizi. Bagaimana nggak kaya gizi, isinya full sayuran dan direbus. Non kolesterol. Cocok buat orang diet. Itu juga kenapa nash gudangan tergolong murah meriah. Jika kita beli di penjual-penjual lauk pagi hari (ini d Solo, kurang tau daerah lain) 1 bungkus nasi gudangan paling cuma 2500. Kalau tanpa nasi, beli 1000 pun dilayani. Kurang murah apa coba? Tapi tetap, lebih murah masak sendiri.


Resep gudangan solo


Bahan-bahan bumbu gudangan:
1/2 butir kelapa yang masih muda, parut
2 siung bawang putih
3 buah cabai merah, atau sesuai selera
1 ruas kencur
Garam dan gula jawa secukupnya
2 lembar daun jeruk

Sayuran gudangan:
bayam
Kacang panjang
Tauge
Wortel

Cara membuat bumbu gudangan:
1. Kukus kelapa parut.
2. Sambil menunggu kelapa parut, kita haluskan bumbu-bumbu yang lain.
3. Campurkan bumbu halus dengan kelapa parut sampai rata.

Tinggal disajikan dengan sayuran yang sudah direbus terlebih dahulu. Untuk sayurannya, bisa sesuai selera. Mau pakai keningkir, kangkung, buncis, daun pepaya, dll juga boleh. Sesuai selera dan ngikut harga pasar yang murah apa. 😁😁

Udah deh bun, daripada ngiler buruan belanja n bikin. Resepnya udah ada, bikinnya juga mudah. God bless

Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang. (Amsal 17:22)

Resep Gudangan Kulupan khas Solo 4.5 5 Debora Dwi Sunday, 23 July 2017 Resep gudangan solo Resep Gudangan Kulupan khas Solo Resep Gudangan Kulupan khas Solo - Di Solo gudangan sering digunakan untuk acara bancaan. Buat merayak...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.