Resep Garang Asem Bungkus Daun

 on Tuesday 11 July 2017  

Resep Garang Asem Bungkus Daun


Resep Garang Asem Bungkus Daun - Kalau kemarin requestan mertua, kali ini ganti suami tercinta yang minta dimasakin garang asem. Tapi garang asemnya spesial, karena mintanya resep garang asem bungkus daun. Biasanya saya buat garang asem tanpa dibungkus, jadi langsung rebus di panci aja. Males ribet. Tapi berhubung permintaan khusus, ya sudahlah, ngalah dikit gak papa. Lagi pula aslinya garang asem itu ya dibungkus daun. Hehe....


Mungkin ada yang kurang familier dengan masakan garang asem. Kurang tau juga sih garang asem itu masakan khas mana, tapi penjual garang asem banyak ditemui di daerah solo, semarang dan sekitarnya. Garang asem merupakan salah satu olahan ayam yang diberi kuah santan, blimbing wuluh dan cabai. Jadi rasanya gurih, asam, pedan. Rame rasanya deh, menggoyang lidah pokoknya. Kalau lagi main-main ke daerah jawa tengah, jangan ketinggalan buat berkuliner garang asem ayam bungkus daun.

Garang asem biasanya menggunakan bagian jeroan (hati ampela), ceker atau sayap. Kalau menurut saya kurang enak kalau garang asem dibuat dari dagingnya ayam. Tetapi berhubung suami tidak suka bagian yang aneh-aneh dari ayam, ya saya campur saja dengan daging.


Resep Garang Asem Bungkus Daun



Bahan-bahan:
200 gram dada ayam
4 buah hati ampela ayam
4 buah sayap ayam
4 buah ceker ayam
100 gram cabai hijau (sesuai selera)
5 buah tomat hijau
7 buah belimbing wuluh
5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
Garam dan gula
Lengkuas
Daun salam
Daun jeruk
Santan
1 butir telur
Daun untuk membungkus

Cara membuat:
1. Potong2 ayam menjadi ukuran kecil-kecil, cuci bersih. Sisihkan.
2. Potong tomat, cabai, belimbing wuluh, lengkuas, daun salam, daun jeruk, bawang merah, bawang putih. Sisihkan.
3. Campurkan santan, gula, garam, bawang merah, bawang putih dan 1 butir telur yang sudah dikocok lepas. Aduk hingga gula garam larut. Sisihkan.
4. Bungkus ayam, potongan tomat, cabai, belimbing wuluh, lengkuas, daun salam, daun jeruk dan santan. Agar tidak mudah tumpah karena daun pecah, lapisi dengan plastik. Jadi bungkusnya 3 lapis, daun - plastik - daun.
5. Kemudian kukus kurang lebih 45 menit. Angkat dan sajikan.

Kalau saya, resep tadi bisa jadi 10 bungkus. Tapi semua tergantung ukuran daun, kalau daunnya kecil bisa jadi lebih dari 10 bungkus.

Selamat mencoba resep garang asem bungkus daun ala debora. God bless
Resep Garang Asem Bungkus Daun 4.5 5 Debora Tuesday 11 July 2017 Garang asem, garang asem bungkus daun, resep garang asem, garang asem ayam, resep garang asem ayam, resep garang asem ayam bungkus daun Resep Garang Asem Bungkus Daun Resep Garang Asem Bungkus Daun - Kalau kemarin requestan mertua, kali ini ganti suami tercinta yang minta...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.