Resep Sus Kering Keju Renyah

 on Tuesday 4 July 2017  

Resep Sus Kering Keju Renyah


Resep Sus Kering Keju Renyah - Sudah lama tidak posting-posting resep di resepaladebora.blogspot.co.id 😁
Mumpung masih agak longgar, murid-murid les masih pada libur, pesanan kue juga belum banyak, waktunya tulis-tulis resep lagiii....

Kali ini resep yang mau saya bagikan adalah resep sus kering keju renyah. Siapa yang tidak mengenal sus kering? Sebuah camilan yang mudah sekali kita temui, pastinya semua mengenal. Sus kering banyak di jual di pasar-pasar tradisional maupun pasar swalayan, biasanya dijual dalam bentuk kiloan. Cummaaaa, kadang agak ragu untuk membeli snack kiloan. Yakin bahan yang digunakan bahan makanan yang sehat? Yakin cara pembuatannya juga bersih? Dari pada ragu, mending bikin aja sendiri yukz bun..

Awalnya saya juga iseng-iseng kok. Lihat di IG kok banyak beredar resep sus kering keju renyah, langsung deh cuz buat. Bahan-bahannya juga bukan bahan-bahan yang aneh, selalu tersedia di rumah. Cara membuatnya pun juga tidak sukar. Hampir mirip kue sus (atau choux) yang membedakan ada pada pemakaian telur dan pengovenan yang cukup lama sampai kue benar-benar mengering. Selebihnya sama saja cara pembuatannya.

Dulu pernah bikin kue sus, itu salah satu alasan saya berani mencoba resep sus kering keju renyah ini. Jadi sedikit banyak sudah tau tips dan triksnya. Buat bunda yang baru belajar memasak, jangan khawatir. Saya juga akan membagikan tips dan triks yang saya punya agar resep sus kering keju bunda tidak gagal. Selamat mencoba.

Bahan-bahan :

250 ml air
1 sendok teh garam
100 gram margarin
125 gram tepung terigu
3 butir telur
60 gram keju parut
1/2 sendok teh baking powder

Cara membuat:

1. Didihkan air, garam dan margarin. Setelah mendidih dan mergarin meleleh, masukkan tepung terigu sambil diaduk hingga kalis. matikan api, sisihkan.
2. Hilangkan uap panas pada adonan pertama tadi, setelah agak dingin masukkan telur dan baking powder. Mixer hingga tercampur rata. Matikan mixer.
3. Masukkan keju parut aduk dengan spatula. cukup sampai rata saja.
4. Panaskan oven dengan suhu 220 derajat celsius. Ambil loyang dan olesi dengan margarin.
5. Masukkan adonan sus ke kantung segitiga, beri spuit kerang. Spuitkan ke atas loyang yang sudah di oles margarin tadi.
6. Oven hingga sus mengembang kira2 20 menitan, lalu kecilkan api bertahap sampai sus menjadi kering.

Tips:

1. Dalam mengoven sus memang dibutuhkan api yang panas, semakin banyak sus yang di oven, maka oven pun juga harus semakin panas. Kalau mengovennya menggunakan loyang 20cm x 20 cm, suhu 200 derajat celsius juga sudah cukup.
2. Jangan terlalu sering membuka tutup saat mengoven kue sus, kerena akan membuat kue sus tidak mengembang sempurna, atau malah akan mengempis.
3. Jangan buru-buru mengecilkan api, biarkan kue sus agak kokoh terlebih dahulu.
4. Jangan langsung mengecilkan api paling kecil. harus bertahap. Karena kalau langsung dikecilkan paling kecil, kue sus akan mengempis.

Sekian resep sus kering keju renyah beserta tips pembuattannya. Selamat mencoba bun, dijamin keluarga makin lahap memakannya. God Bless

Resep Sus Kering Keju Renyah 4.5 5 Debora Tuesday 4 July 2017 sus kering, sus kering renyah, resep sus kering, resep sus kering renyah, tips membuat sus kering Resep Sus Kering Keju Renyah Resep Sus Kering Keju Renyah - Sudah lama tidak posting-posting resep di resepaladebora.blogspot.co.id 😁 ...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.