Sayur Nangka Muda Praktis dan Sederhana

 on Saturday 16 September 2017  

Sayur Nangka Muda Praktis dan Sederhana

Sayur Nangka Muda Praktis dan Sederhana
Sayur Nangka Muda Praktis dan Sederhana

Sayur Nangka Muda Praktis dan Sederhana - kalau di daerah saya (Klaten, Jawa Tengah), nangka muda disebut tewel. Jadi kalau masak sayur nangka muda, biasanya disebut jangan tewel. Jangan itu artinya sayur. Pada umumnya nangka muda di masak gudheg, tapi kali ini saya tidak membuat gudheg. Nangka muda saya masak dengan santan, seperti bumbu lodeh tapi tanpa cabai. Kurang tau juga nama masakannya apa. Saya sering menyebutnya jangan tewel.

Berbeda dengan gudheg, kalau gudheg rasanya cenderung manis dan tanpa kuah. Tetapi kalau sayur nangka muda yang saya buat rasanya cenderung gurih dengan kuah santan. Sangat cocok dinikmati dengan sambal terasi / sambal kemiri.

Resep ini saya dapatkan dari ibu mertua. Kebetulan mertua saya suka masak jangan tewel ini dan suami pun juga suka makannya. Jadi saya belajar dari beliau, idep-idep menyenangkan hati suami.

Sayur nangka muda ini sebenarnya lebih nikmat dimasak dengan kaldu sapi. Kalau mertua biasanya dicampur dengan tetelan sapi / tulang sapi. Kaldu dari merebus sapi dicampurkan ke sayur nangka muda untuk menambah rasa gurih. Tapi kalau saya agak males buat ngrebus sapinya, karena memakan waktu yg cukup lama. Jadi pilih yang praktis dan sederhana. Itulah kenapa judul postingan saya Sayur Nangka Muda Praktis dan Sederhana.

Sayur Nangka Muda Praktis dan Sederhana

Sayur Nangka Muda Praktis dan Sederhana
Sayur Nangka Muda Praktis dan Sederhana

Bahan-bahan
  • Nangka muda (dikira-kira sendiri ya bun, kurang tau juga tadi brapa gram. Saya tadi belinya 5rb rupiah, nggak ngitung dapatnya seberapa. Hehe..)
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1/4 sendok teh merica
  • 3 butir kemiri
  • 1 ruas kunir, parut dan ambil air perasannya saja
  • Daun salam, lengkuas, daun jeruk
  • Garam secukupnya
  • Gula jawa secukupnya
  • 1 sendok teh kaldu instan

Cara membuat :
  1. Rebus nangka muda yang sudah diiris-iris, angkat dan tiriskan.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica dan kemiri. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun salam, lengkuas dan daun jeruk.
  3. Masukkan nangka muda, santan, air perasan kunir, garam, gula jawa dan kaldu instan.
  4. Rebus hingga semua menjadi matang, angkat dan sajikan.
 Satu tips dalam mengolah nangka muda, jangan terlalu lama disimpan. Jadi sebaiknya, setelah nangka muda di kupas kulitnya dan diiris kecil-kecil harus langsung di masak. Jangan ditunda-tunda. Karena akan menghasilkan nangka yang berasa pahit. Kalau mau mengolahnya besok-besok, sebaiknya rebus dahulu nangka muda, buang airnya dan simpan di dalam kulkas.

Selamat mencoba. God bless.

Mintalah maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapatkan; ketoklah maka pintu akan dibukakan bagimu.Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. 
Matius 7 : 7-8

Sayur Nangka Muda Praktis dan Sederhana 4.5 5 Debora Saturday 16 September 2017 Sayur Nangka Muda Praktis dan Sederhana Sayur Nangka Muda Praktis dan Sederhana Sayur Nangka Muda Praktis dan Sederhana Sayur Nangka Muda Praktis dan Sederhana - kalau di d...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.