Resep Bolu Singkong Rainbow

 on Thursday 2 November 2017  

Resep Bolu Singkong Rainbow

Resep Bolu Singkong Rainbow
Resep Bolu Singkong Rainbow

Resep Bolu Singkong Rainbow - Haallloooo smuaaa... Lama tak jumpa... Maaf baru sempat posting resep masakan lagi. Bukan kerena resep ala debora sudah tidak pernah memasak lagi, tetapi dikarenakan kesibukan offline yang mengantri buat dikerjakan. Jadi beberapa waktu kemarin tidak ada kesempatan buat update blog. Masak sih lanjut terus, tiap hari pasti memasak. Foto-foto masakan juga sudah ngunpul banyak. Tapi apa daya, posting di blog tidak sama seperti di IG atau FB. Tanpa banyak ketik langsung share saja bisa. Kalau blog harus edit-edit foto dan mengarang bebas buat artikel. Heehehe...

Kali ini Resep Ala Debora akan berbagi sebuah resep bolu tetapi berbahan dasar tradisional. Campuran makanan masa kini dan masa lalu. Yup, bahan dasar bolu yang kita olah kali ini berasal dari singkong. Jangan sepelekan singkong, mungkin banyak orang memandang rendah makanan satu ini. Tetapi singkong kalau dibuat bolu singkong rainbow akan semakin menaikkan harga jual singkong.

Resep Bolu Singkong Rainbow ini sengaja dibuat untuk lomba membuat makanan berbahan dasar singkong. Jadi di gereja saya ada lomba buat makanan bahan dasar singkong. Awalnya sempat bingung, singkong biasanya cuma dikukus dan digoreng saja. Kali ini harus mengolah singkong menjadi sesuatu yang unik. Bermodal nekat, dibuatlah bolu singkong rainbow ini. Ternyata enak juga. Walau tidak selembut kalau memakai tepung, tapi rasanya cukup menggoyang lidah. Sempat memasak ini untuk saudara-saudara waktu ada pertemuan, dan semua suka.

Resep Bolu Singkong Rainbow

Resep Bolu Singkong Rainbow
Resep Bolu Singkong Rainbow
Bahan - bahan:
  • 1 kg singkong
  • 4 butir telur
  • 250 gram gula pasir
  • 1 sendok teh ovalet
  • 1/2 sendok teh garam
  • 100 ml santan kental
  • 100 ml margarin
  • 100 gram tepung terigu
  • pewarna merah, kuning dan hijau

Cara membuat:
  1. Kupas singkong, cuci bersih dan parut. Setelah itu pisahkan tepung singkong dengan airnya. Caranya, letakkan singkong pada kain bersih kemudian peras sampai airnya hilang. Buang air perasannya, ambil tepung singkongnya. Sisihkan.
  2. Kocok telur, gula pasir dan ovelet hingga setengah mengembang.
  3. Masukkan garam dan kocok terus hingga berwana putih kental.
  4. Matikan mixer, masukkan santan, margarin, tepung terigu dan tepung singkong. Aduk hingga rata.
  5. Bagi menjadi 3 bagian yang sama banyak. Beri pewarna secukupnya.
  6. Masukkan adonan pertama ke dalam loyang untuk lapisan dasar dan kukus kurang lebih selama 5 menit saja. Jangan lupa lapisi tutup panci pengukusnya dengan kain serbet supaya uap airnya tidak jatuh ke dalam adonan.
  7. Setelah 5 menit, tuang adonan warna kedua lalu kukus lagi. Ulangi sampai adonan ketiga.
  8. Setelah semua adonan sudah masuk loyang, masak dan kukus kue bolunya lagi sampai benar benar matang dan tanak, kurang lebih sekitar 25 menit.
  9. Angkat dan sajikan.

Selamat mencoba.. Abaikan alas meja yang keliatan lusuh ya.. Hehehe....



Orang malas tidak akan menangkap buruannya, tetapi orang rajin akan memperoleh harta yang berharga. (Amsal 12 : 27)





Resep Bolu Singkong Rainbow 4.5 5 Debora Thursday 2 November 2017 Resep Bolu Singkong Rainbow Resep Bolu Singkong Rainbow Resep Bolu Singkong Rainbow Resep Bolu Singkong Rainbow - Haallloooo smuaaa... Lama tak jumpa... Maaf ba...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.