Resep dan Tips Membuat Bolu Gulung Nanas

 on Friday, 27 October 2017  

Resep Bolu Gulung Nanas

Resep Bolu Gulung Nanas
Resep Bolu Gulung Nanas

Resep Bolu Gulung Nanas - Ini kedua kalinya saya membuat bolu gulung. Kalau beberapa waktu yang lalu saya membuat bolu gulung ekonomis, sekarang saya membuat bolu gulung nanas. Kalau beberapa waktu yang lalu bolu gulungnya pakai isian seadanya (sisa-sisa cokelat) sekarang lebih bermodal dengan pakai selai nanas. Untuk resep kuenya sendiri, tidak berbeda dengan resep kue yang kemarin. Hanya isiannya saja yang berbeda, sehingga dari segi penampilan juga lebih menarik. Rasanya menurut saya juga lebih enak, karena kue buat bolu gulung memiliki rasa yang cukup manis. Cocok dipadukan dengan selai nanat yang ada asem-asemnya.

Membuat bolu gulung itu susah susah gampang. Kalau tau tips dan triksnya, mudah saja membuat bolu gulung. Tetapi kalau tidak tau tipsnya pasti ada kendala dalam membuatnya. Oleh karena itu, saat ini resep ala debora tidak hanya berbagi resep bolu gulung nanas saja, tetapi sekalian tips cara memanggang dan menggulung kue.

Kegagalan pertama yang sering terjadi pada pembuatan bolu gulung yaitu kue atau bolu kita patah/retak saat digulung. Kegagalan ini biasanya diakibatkan perbandingan tepung, telur dan bahan lain yang tidak tepat. Atau bisa juga karena pengovenan yang terlalu lama. Dalam membuat bolu gulung, komposisi bahan harus tepat. Suhu oven dan lama mengoven juga harus pas. Kalau saya biasanya menggunakan suhu tinggi (sekitar 200 derajat) selama 15 menit. 10 menit api atas bawah, 5 menit api bawah. Kalau membuat cake biasa kita gunakan api kecil, tetapi kalau bolu gulung gunakan api yang besar.

Yang kedua, kulit cake terkelupas. Kalau cake bagian atas terkelupas dikarenakan kue yang belum matang benar. Jadi atas cakenya belum benar-benar kering. Maka saya menggunakan 5 menit api atas, agar lapisan atas benar-benar matang dan kering. Tetapi jangan kawatir, kalau terpaksa lapisan atasnya mengelupas, kita dapat balikkan kue dan gulung sebaliknya. Tinggal hias saja dan nggak terlihat kalau kue kita gagal. Hehe..

Setelah resep ala debora membagikan tips membuat bolu gulung nanas, sekarang waktunya berbagi resep.

Resep Bolu Gulung Nanas

Resep Bolu Gulung Nanas
Resep Bolu Gulung Nanas

Bahan-bahan:
  • 5 butir kuning telur
  • 1 butir telur utuh
  • 65 gram gula pasir
  • 40 gram tepung terigu
  • 10 gram maizena
  • 65 gram butter, lelehkan
  • 1/2 sdt vanili
  • coklat bubuk/pasta coklat secukupnya

Isian:
selai nanas

Cara membuat:

  1. Siapkan loyang ukuran 24 x 24 x 4 cm yang diolesi margarin dan dialasi dengan kertas roti. Panaskan oven dengan suhu 200 derajat.
  2. Kocok telur dan gula pasir hingga setengah kental, kemudian masukkan vanili dan kocok hingga kental dan mengembang.
  3. Matikan mixer, masukkan tepung, maizena dan butter secara bertahap. Aduk dengan spatula hingga rata. Pastikan semua adonan rata, kalau belum rata kemungkinan cake akan bantat.
  4. Sisihkan sedikit aadonan dalam mangkuk, sisanya tuang ke dalam loyang yang sudah disediakan.
  5. campurkan adonan yang disisihkan tadi dengan coklat, aduk rata. Tuang ke atas adonan pertama tadi.
  6. Oven kurang lebih 15 menit, atau sampai matang. Angkat.
  7. Keluarkan bolu dari loyang, letakkan pada selembar kertas roti. Beri isian, kemudian gulung sambil dipadatkan. 
  8. Dinginkan dalam posisi terbungkus kertas roti sampai bolu gulung benar-benar menjadi dingin dan siap untuk di potong. Kalau saya sekitar 1 jam.
  9. Keluarkan dari kertas roti, potong-potong dan sajikan.
Selamat mencoba. God Bless..

Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.
Matius 5 : 16

Resep dan Tips Membuat Bolu Gulung Nanas 4.5 5 Debora Dwi Friday, 27 October 2017 Resep dan Tips Membuat Bolu Gulung Nanas Resep Bolu Gulung Nanas Resep Bolu Gulung Nanas Resep Bolu Gulung Nanas - Ini kedua kalinya saya membuat bolu gulung. Kalau beberapa...


1 comment:

  1. Tebak jitu 4D, dengan hadiah Rp3 Juta, min bet Rp500.,-, min depo Rp20 ribu. Bonus 50% untuk member baru, Website WWW.NONSTOP4D.COM. Klik di sini https://goo.gl/pWZRPF

    Saya sarankan.
    Bagi yg mau menang angka togel 2D : 3D : 4D di Nonstop4D Agen togel sgp : hkg : malay : tangerang. Add aja di Line : togelnonstop | WA: +62813-1401-6020 | BBM: D8644DAF.

    Saya sdh buktikan sendiri karna kemarin di putaran togel singapura,berkat angka togel Nonstop4d.com, saya akhirnya bisa merasakan menang angka togel 4D ... saya sangat bersyukur sekali karna Nonstop4d tdk mengecewakan saya, dan berkat hasil menang angka togel dri Nonstop4D, saya akhirnya bisa melunasi semua hutang saya. Awalnya saya juga ragu dan tdk percaya,tapi karna Nonstop4D sudah membantu saya menang angka togel 4D maka dari itu skrg saya percaya dan tdk ragu lagi dgn angka Nonstop4D.

    Informasi soal togel ini saya sebarkan di grup atas perjanjian saya dgn Nonstop4D. karena sebelumnya saya pernah berjanji kpada Nonstop4D kalau nanti angka togel dari Nonstop4D terbukti tembus, saya akan sebarkan Informasi kalau saya menang angka togel 4D dri Nonstop4D.

    Saya sendiri sdh buktikan klu angka togel 4D dari Nonstop4D benar-benar nyata terbukti akurat dan positif tembus 100%. Kalau kalian tdk percaya dgn apa yg saya katakan ini. alangkah baiknya klu kalian buktikan saja sendiri angka togel dari Nonstop4D.

    ReplyDelete

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.