Resep Selat Galantin Solo Seger

 on Sunday 1 November 2015  

Resep Selat Galantin Solo Seger 


Resep Selat Galantin Solo Seger- Hari minggu semua libur, saatnya masak-masak untuk keluarga. Awalnya bingun ingin masak apa, pengen yang seger-seger karena cuaca di luar panas bingit. Akhirnya dipilihlah selat galantin, ada daging, telor dan galantin. Lengkap sudah, tidak perlu kebanyakan mikir menu sayurnya apa dan lauknya apa. 
Resep Selat Galantin Solo Seger

Kenapa disebut selat solo? Katanya sih selat itu salah satu makanan khas dari kota Solo. Dahulu selat solo sering disebut dengan bestik jawa atau selat bestik. Rasanya kuahnya yang segar membuat selat solo disukai banyak orang. Dengan isi sayuran kentang, wortel, buncis, daun selada, acar dan tomat menjadikannya tambah segar. Ditambah lagi telor (bisa dimasak kecap atau dikukus biasa) dan daging yang dibentuk menjadi galantin menambah selera makan setiap orang. 


Untuk resep saya kali ini saya berbagi resep selat galantin solo dengan telur kukus. Ini merupakan pesanan suami, Hehehe...

Resep Selat Galantin Solo


Bahan Galantin:
250 gram daging ayam giling
1 butir telur
50 gram tepung panir 
merica
garam
bawang putih
minyak untuk menggoreng

Bahan Isian:
telur, kukus dengan menggunakan cetakan
100 gram kentang, potong sesuai selera
100 gram wortel, potong sesuai selera
100 gram buncis, potong sesuai selera
daun selada
tomat
timun
cuka

Bahan Kuah:
1 siung bawang bombay yang kecil
4 butir bawang putih, geprek
merica
garam
gula
cengkeh
pala
kecap

Cara membuat:
1. Pertama kita buat galantin terlebih dahulu. Campurkan semua bahan hingga tercampur rata, bulat-bulatkan sesuai selera, kemudian goreng. Angkat, sisihkan.
2. Kedua kita buat kuahnya. Rebus air dulu secukupnya.
3. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu. Angkat dan masukkan ke dalam rebusan air.
4. Tambahkan bumbu-bumbu yang sudah dipersiapkan, tunggu hingga mendidih. Masukkan galantin ke dalam kuah selat. Rebus kembali hingga benar-benar matang. Angkat.
5. Selama menunggu kuahnya matang kita bisa mencicil merebus sayuran dan mengukus telur. 
6. Setelah semua sudah siap, tata di atas piring dan sajikan.

Saat membaca resepnya sekilas cara membuatnya rumit, tetapi sebenarnya tidaklah serumit yang dibayangkan. Intinya hanya membuat galantin, kuah dan merebus sayuran. Memang bahan-bahan yang digunakan cukup banyak tapi proses memasaknya sangat sederhana. Menurut saya lebih mudah membuat galantin ini dari pada memasak sayur-sayur jawa yang menggunakan santan. Belum lagi harus memikirkan lauk pelengkapnya ada. Malah semakin repot. Tapi itu semua tergantung kita yang menjalani. Hehehe..

Sekian dulu sharing sayaa di hari ini, nantikan resep-resep ala debora yang lainnya.

God Bless..


Resep Selat Galantin Solo Seger 4.5 5 Debora Sunday 1 November 2015 Resep Selat Galantin Solo Seger Resep Selat Galantin Solo Seger  Resep Selat Galantin Solo Seger - Hari minggu semua libur, saatnya masak-masak untuk keluarga. Awalnya...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.