Cara Membuat Cassava Tiramisu

 on Monday 5 October 2015  

Cara Membuat Cassava Tiramisu

Cara Membuat Cassava Tiramisu - Mungkin kata cassava asing di telinga kita, tetapi kalau singkong atau ketela pohon pastinya tidak asing lagi. Yup, cassava itu bahasa latin dari singkong. Pada awalnya saya juga nggak tahu, suatu hari ada undangan pelatihan untuk membuat cassava tiramisu dan cassava bergengsi. Langsung deh tanya mbah google artinya apa, tetapi setelah tau cake tiramisu berbahan dasar singkong saya jadi tertarik untuk membuatnya. Tapi berhubung saya buatnya di pelatihan jadi fotonya rame-rame. hehehe.. Tidak apa kan sekali-kali narsis dengan teman-teman di koperasi saya.

 Cara Membuat Cassava Tiramisu

Bahan-bahan:
8 butir telur
200 gram gula pasir
1 sdm ovalet
50 gram susu bubuk
500 gram singkong parut
200 gram margarin (dibagi 2)
100 gram dark chocolate
100 gram white chocolate
Pasta tiramisu/pasta coklat
50 gram keju parut
Loyang 22x22 cm
Cara membuat:
  1.  Lelehkan 100 gram margarin dicampur dengan dark chocolate dan 100 gram margarin dengan white chocolate. Kita akan membuat 2 adonan, coklat dan putih, jadi dark chocolate dan white chocolate dilelehkan ditempat yang terpisah.
  2. Peras singkong yang sudah di parut hingga benar-benar kering, buang air perasan singkong. Yang kita gunakan adalah tepung singkongnya.
  3. Kocok telur dan gula menggunakan mixer sampai berbuih, masukkan susu bubuk dan ovelet. Tunggu hingga adonan mengental.
  4. Setelah adonan mengental, bagi adonan menjadi 2 sama banyaknya. Adonan 1 dicampur dengan lelehen margarin, dark chocolate, pasta coklat dan setengah dari singkong. Adonan 2 dicampur dengan lelehan margarin, white chocolate dan setengah dari singkong. Aduk-aduk dengan menggunakan spatula.
  5. Tuang setengah dari adonan 1 ke dalam Loyang yang sudah dialasi kertas roti dan diolesi margarin.
  6. Kukus kurang lebih 10 menit, masukkan setengah dari adonan 2, kukus kembali 10 menit. Masukkan lagi sisa adonan 1, kukus 10 menit. Terakhir tuang sisa adonan 2 dan kukus 20 menit.
  7. Angkat, taburi permukaannya dengan keju parut.
  8. Dinginkan, potong-potong dan siap dihidangkan.
Cassava Tiramisu ini nikmat dinikamati selagi hangat, teksturnya empuk rasanya juga enak. Memang proses pembuatannya sedikit rumit dan membutuhkan tenaga, tetapi hasilnya memuaskan kok. Buktinya setelah pelatihan semua langsung ludes, padahal kita bikinnya 2 loyang besar. Hehehe..

Selamat mencoba. God Bless


Cara Membuat Cassava Tiramisu 4.5 5 Debora Monday 5 October 2015 Cara Membuat Cassava Tiramisu Cara Membuat Cassava Tiramisu - Mungkin kata cassava asing di telinga kita, tetapi kalau singkong atau ket...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.