Resep Lumpia Rebung

 on Sunday 21 February 2016  

Resep Lumpia Rebung


Musim hujan bisa dikatakan musim rebung, banyak rebung yang tumbuh jadinya bisa dengan mudah kita temui di pasar-pasar. Membuatku ngiler pingin buat resep lumpia rebung. Langsung deh, tanpa pikir panjang akhirnya saya beli rebung sekalian kulitnya. Kalau biasanya saya bikin adonan kulit sendiri, berhubung belanjanya sama mertua ya sudah ikut saja.

Mungkin ada yang bertanta-tanya sebenarnya apa sih rebung itu? Tidak perlu berpanjang lebar, rebung itu adalah bambu muda. Tapi tidak sembarang bambu muda bisa dikonsumsi lho bun, jangan sampai ada bunda yang punya tanaman bambu langsung ambil tunasnya dan dioleh. Bahaya tuh bun, denger-denger bambu mengandung zat berbahaya yaitu sianida. Katanya sih.. belum meneliti secara lanjut si sayanya. ehehehe... Tapi jangan takut bun, memang ada kok jenis rebung yang bisa dikonsumsi manusia, salah satunya rebung petung seperti yang saya gunakan ini.


Lumpia rebung merupakan salah satu makanan khas dari kota Semarang, biasanya disajikan bersama acar dan saus. Berhubung lagi males masak yang ribet-ribet saya tidak membuat saus maupun acarnya. Masakan ini sering digunakan untuk oleh-oleh, bisa beli yang matang atau yang mentah. Sekarang untuk menikmati lumpia rebung tidak perlu jauh-jauh ke Semarang. Saat ini saya ingin berbagi resep lumpia rebung.

Bahan-bahan isi:
1 batang rebung kecil
5 siung bawang putih
2 butir telur
garam, gula, merica, dan penyedap

Cara mengolah:
1. Panaskan minya, tumis bawang putih hingga harum.
2. Masukkan telur yang sudah dikocok lepas terlebih dahulu, aduk-aduk agar tidak lengket.
3. Beri garam, gula, merica dan penyedap sesuai selera. Tambahkan sedikit air.
4. Terakhir masukkan rebung dan masak hingga kering.

Tips mengolah rebung:
Untuk mengolah rebung gampang-gampang susah, jika kita mengolah dengan tidak tepat kadang rebung yang kita hasilkan akan berasa pahit atau pesing. Maka dari itu kali ini resep ala debora ingin berbagi agar rebung yang kita olah tidak pahit dan pesing. Pastikan sebelum kita mengolah menjadi makanan kita merebus rebung tersebut hingga benar-benar matang, kemudian cuci bersih. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan getah yang ada di rebung tersebut agar rebung kita tidak berbau pesing maupun pahit.

Sekian resep dan tips dari saya. Untu dananya bagaimana? Tenang, saja juga akan tunjukkan dana yang saya gunakan untuk mengolah lumpia rebung ini.

Estimasi dana:
1 rebung kecil = Rp. 5.000,00
2 butir telur = Rp 3.000,00
kulit lumpia = Rp 4.000,00
bumbu + minyak = Rp 5.000,00
Hanya dengan modal Rp. 17.000,00 saya tadi bisa membuat 30an lumpia. Bandingkan jika kita beli di luar, di kota saya kota Solo 1 buah lumpia saja bisa dijual Rp. 2.000,00. Lebig irit bukan??

Yukz bun, mumpung musim rebung kita masak lumpia rebung untuk keluarga tercinta kita. God Bless..
Resep Lumpia Rebung 4.5 5 Debora Sunday 21 February 2016 Resep Lumpia Rebung Musim hujan bisa dikatakan musim rebung, banyak rebung yang tumbuh jadinya bisa dengan mudah kita temui di pasar-pasa...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.