Tips Memilih dan Mengolah Rebung

 on Thursday, 25 February 2016  

Tips Memilih dan Mengolah Rebung


Kalau biasanya resepaladebora membahas berbagai macam resep, kali ini saya ingin berbagi sedikit Tips Memilih dan Mengolah Rebung. Buat para pecinta makanan berbahan rebung, tips ini cocok buat kita. Kenapa? Karena memilih dan mengolah rebung itu susah-susah mudah. Tidak semua rebung dapat kita konsumsi. Dalam pengolahanpun juga mudah-mudah susah, jika tidak diolah dengan benar bisa mengakibatkan keracunan atau alergi seperti yang dialami suami saya beberapa hari yang lalu.
Rebung Betung

Ceritanya beberapa hari belakangan ini lagi semangat-semangatnya bikin lumpia rebung dan kebetulan suami suka sekali lumpia rebung. Jadilah suami makan lumpia banyak banget dan berakhir dengan bentol-bentol di sekujur tubuh. Bahkan sempat pakai adegan pingsan segala. Selidik punya selidik ternyata saya menggunakan jenis rebung yang salah serta proses mengolahnya juga kurang tepat. Hehehe, maaf kakak :)

Seperti yang saya katakan tadi, tidak semua rebung bisa dimakan dikarenakan getah rebung mengandung asam sianida (HCN). Setiap jenis rebung memiliki kadar asam sianida berbeda-beda, ada yang tinggi ada juga yang rendah.

Mungkin ada yang bertanya, asam sianida itu apa sih? Buat para bunda yang update berita mungkin tidak asing lagi dengan kata-kata "asam sianida". Yup, karena asam sianida sering di sebut-sebut dalam kasus kematian Mirna. Untuk lebih jelasnya ini saya googlingkan.


Asam sianida adalah salah satu asam yang bisa menyebabkan  kematian apabila masuk ke dalam tubuh dalam jumlah banyak, bahkan bisa membunuh dalam waktu 8 menit.

What??? Sekali lagi, maaf kakak bukan maksud meracunimu.. T__T

Biasanya yang dikonsumsi manusia jenis rebung yang memiliki asam sianida rendah. Rebung petung atau rebung betung merupakan salah satu rebung yang dapat kita konsumsi. Selain memiliki asam sianida yang rendah, rebung ini memiliki rasa paling enak dibandingkan dengan jenis rebung yang lain.

Ciri-ciri rebung betung ketika masih mentah dapat dilihat pada gambar di atas. Secara garis besarnya rebung betung memiliki warna yang cukup gelap, bentuknya juga menggembung di bawah. Setelah direbus rebung betung memiliki warna putih atau kuning. Jika rebung selain rebung betung biasanya jika direbus akan menghasilkan warna merah serta menghasilkan rasa pahit.

Racun sianida dalam rebung tidak bisa 100% dihilangkan, kita hanya menurunkan kadar racunnya. Cara menurunkan kadar racunnya dapat dengan merebusnya berkali-kali. Kalau saya biasanya rebung yang masih mentah saya potong-potong agak besar kemudian di rebus. Tiriskan, iris sesuai selera kemudian rebus kembali. Terakhir sebelum mengolahnya menjadi makanan kita dapat mencucinya dengan bersih.

Setelah mengetahun tips memilih dan mengolah rebung kita tidak perlu lagi khawatir untuk mengkonsumsi makanan penuh gizi ini. Intinya hanya di dalam memilih dan mengolahnya saja. Jangan takut dengan racunnya, jika hasil masakan berasa pahit jangan lanjutkan proses memasak dan memakannya. Sekian dan terimakasih.

God Bless..
Tips Memilih dan Mengolah Rebung 4.5 5 Debora Dwi Thursday, 25 February 2016 Tips Memilih dan Mengolah Rebung Tips Memilih dan Mengolah Rebung Kalau biasanya resepaladebora membahas berbagai macam resep, kali ini saya ingin berbagi sedikit Tips M...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.