Perbedaan Mentega Margarin dan Butter

 on Saturday, 15 July 2017  

Perbedaan Mentega Margarin dan Butter

Perbedaan Mentega Margarin dan Butter
Perbedaan Mentega Margarin dan Butter

Perbedaan Mentega Margarin dan Butter - dikesempatan kali ini, resep ala Debora akan berbagi tentang Perbedaan Mentega Margarin dan Butter. Tidak hanya resep-resep makanan yang kita share disini, tapi tips dan triks memasak serta pengetahuan tentang memasak pun kita share. Kenapa? Karena dari hasil pengamatan resep ala Debora, masih banyak bunda-bunda yang sedang mulai belajar memasak bingung membedakan beberapa bahan-bahan.

Siapa yang bisa membedakan Mentega Margarin dan Butter? Kalau boleh jujur, saya pada awalnya juga tidak tau perbedaan ketiga bahan tersebut. Kalau di resep di tulis mentega ya saya pakai blue band, palmia, simas, dkk. Di resep ditulis margarin, ya pakai itu juga. Butter? Ya sama saja. Taunya hanya merek-merek itu. Sampai suatu hari penasaran kalau bikin kue kering nggak bisa lumer di mulut. Googling - googling dan ketemulah alasannya. Selama ini saya hanya menggunakan margarin, padahal untuk hasil yang maksimal harusnya digunakan butter atau margarin. Langsung saja tidak perlu berlama-lama saya beri perbedaan margarin mentega dan butter.

Sedikit tambahan, sebenarnya mentega sama butter itu sama, cuma mentega bahasa Indonesia sedangkan butter bahasa Inggris. Jadi jika saya menyebut butter saja berarti itu juga sama dengan mentega.

Perbedaan Mentega Margarin dan Butter
Perbedaan Mentega Margarin dan Butter

 Warna

Butter berwarna kuning pucat, lebih lembek dan mudah meleleh di suhu ruang.
Sedangkan margarin berwarna kuning cerah, lebih padat dan tidak meleleh di suhu ruang. 

Hal ini berpengaruh pada hasil akhir kue. Untuk kue semacam cake akan menghasilkan cake yang lembut saat masih panas (keluar dari oven) maupun saat dingin. Kalau kondisi panas atau baru turun dari oven, hasil akhir menggunakan margarin dan mentega hampir sama, sama-sama lembut. Tetapi kalau sudah dingin atau sudah beberapa hari (asal masih di suhu ruang) cake yang menggunakan butter akan tetap lembut. Hal ini disebabkan karena butter mudah meleleh di suhu ruang.

Aroma

Butter memiliki aroma yang sangat kuat, berbeda dengan margarin yang aromanya kurang kuat.

Selain dari warna, mentega atau butter dapat dibedakan dengan aromanya. Butter atau mentega memiliki aroma yang harum. Sehingga berpengaruh pada hasil akhirnya. Cake atau kue-kue yang menggunakan butter pasti memiliki aroma yang sangat harum, menggugah selera makan. Berbeda dengan kue yang menggunakan margarin. Tapinya si margarin ini, walau aromanya tak sewangi mentega, tetapi margarin mempunyai daya emulsi yang bagus, memberikan cita rasa gurih dan mengurangi remah roti, sehingga mampu menghasilkan tekstur kue yang lebih memuaskan. Jadi tetap ada juga kelebihannya si margarin ini

Perbedaan Mentega Margarin dan Butter
Perbedaan Mentega Margarin dan Butter

Bahan Pembuatan

Butter terbuat dari lemak hewani dari krim susu, sedangkan margarin terbuat dari lemak nabati

Perbedaan lain adalah kandungan dari dua produk ini berbeda. Mentega terbuat dari susu atau krim. Proses pembuatannya adalah dengan cara memisahkan lemak susu dari buttermilk. Mentega yang paling sering kita gunakan adalah mentega yang terbuat dari susu sapi, dan juga terdapat mentega yang terbuat dari susu domba, kambing atau kerbau. 
Sedangkan margarin adalah produk yang tidak terbuat dari susu melainkan dari nabati. Awalnya pada tahun 1800an, margarin sebagai pengganti mentega dibuat dari lemak hewani namun kini margarin dibuat dari bahan-bahan seperti minyak sayur, air, garam, emulsifier. Beberapa produk margarin masih menggunakan susu sebagai salah satu bahan utamanya. 

Contoh Olahan

Butter biasanya digunakan dalam pembuatan kue kering, butter cake, sponge cake, dll
sedangkan margarin digunakan dalam kue basah, sponge cake, bisa juga untuk menumis, menggoreng, dll.

Margarin dan butter sama-sama bisa digunakan dalam pembuatan kue. Namun, karena tekstur keduanya yang berbeda maka keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam pembuatan kue. Kue berbahan dasar margarin akan menghasilkan adonan kue yang mengembang sempurna serta tekstur yang lembut. Untuk kue yang menggunakan butter akan menghasilkan adonan yang kurang mengembang, tetapi hasil kue dengan berbahan dasar butter adalah kue dengan tekstur yang kering dan padat.

Karena margarin dan butter memiliki plus dan minusnya kebanyakan orang menggunakannya secara bersamaan. Jadi di mix kedua bahan tersebut, untuk perbandingannya sesuai kebutuhan kue yang diiginkan. Kebanyakan orang menggunakan perbandingan 1 : 1, tetapi karena harga butter jauh lebih mahal ada juga yang menggunakan perbandingan 2 : 1. Kalau menurut saya, tergantung selera saja.

Merek di Pasaran

Butter orchid, wysman, elle dan vire
Margarin blue band, simas, palmia, dll
Sekiaaannnn.....
 Semoga dari ulasan yang sedikit ini bisa menambah wawasan kita dan bisa membedakan margarin, mentega dan butter. Serta tidak bingung lagi dalam penggunaannya. God bless

Perbedaan Mentega Margarin dan Butter 4.5 5 Debora Dwi Saturday, 15 July 2017 Perbedaan Mentega Margarin dan Butter Perbedaan Mentega Margarin dan Butter Perbedaan Mentega Margarin dan Butter Perbedaan Mentega Margarin dan Butter - dikesempatan kali...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.