Resep Cake Kopi

 on Friday, 14 July 2017  

Resep Cake Kopi

resep cake kopi
Resep Cake Kopi
Resep Cake Kopi - Bikin cake kopi ini gara-gara masih ada sisa bahan kue waaktu lebaran kemarin, dari pada dibuang kan mubazir, dianggurin takut kadaluarsa. Kemarin sudah dibikin brownies, hari ini enaknya bukin apa lagi ya? Kalau yang gampang sih resep Cake Marmer, tapi sudah agak bosan. Biasa banget kalau bikinnya cake marmer, pengen sesuatu yang berbeda. Mikir-mikir, putar-putar otak dan dipilihlah cake kopi.

Biasanya kalau cake marmer menggunakan coklat bubuk, berhubung saya maniak kopi akhirnya dipilihlah resep cake kopi ini. Bingung juga mau memberi nama, coffee cake, cake kopi, cake jadul kopi, cake marmer kopi, cake kopi instan, dsb. hhahahahahahaaa... apalah namanya, yang penting bahan dasarnya adalah resep cake marmer yang diberi kopi instan.

Rasanya?? Nggak kalah sama cake marmer kok. Aroma kopinya membuat cakenya semakin nikmat, menggugah selera makan. Awalnya sempat ragu juga, takut kalau cakenya menjadi pahit. Ternyata tidak sama sekali. Tadi saya menggunakannya kopi instan yang murni, mungkin di lain kesempatan saya mau mencoba yang cappucino atau mocacino atau kopi-kopi yang lain.

Selama ini saya berfikir bahwa kopi itu nikmatnya cuma kalau dibikin minuman saja. Disini saya membuktikan bahwa kopi itu juga nikmat dibuat cake. Penasaran dengan rasanya? Bisa dicoba kok. Silahkan pelajari baik-baik resepnya dan praktekkan. Kalau bunda suka memasak pastilah bahan-bahannya pasti tersedia di dapur, jadi bisa langsung cuzzzz....

Resep Cake Kopi

resep cake kopi
resep cake kopi


Bahan-bahan:
6 kuning telur
2 putih telur
125 gram gula pasir
75 gram butter
50 gram margarin
125 gram tepung segitiga
2 sachet kopi nescafe classic
1 sendok teh ovalet
1 sendok teh vanili
1 sendok teh baking powder

Cara membuat:
1. Lelehkan butter dan margarin, angkat dinginkan.
2. Larutkan kopi dengan 1 sendok air panas, sisihkan.
3. Kocok telur, gula ovalet, vanili, baking powder hingga menjadi putih serta kaku. Matikan mixer.
4. Masukkan tepung terigu dan butter dan margarin, aduk hingga rata.
5. Ambil sedikit adonan, campur dengan larutan kopi, aduk hingga rata.
6. Tuang adonan putih ke dalam loyang ukuran diameter 18cm, kemudian tuang adonan kopi ke atas adonan putih. hias dengan menggunakan tusuk gigi atau garpu agar tampilannya cantik. Oven hingga matang..

Tidak sukar kok membuat cake, tidak seperti yang dibayangkan kebanyakan orang. Kalau saya pribadi, dari pada bikin masakan mending bikin kue. Kenapa? Karena kalau bikin kue rasanya sudah pasti, ENAK. Tapi kalau masakan belum tentu. Kendala membuat kue biasanya dipenampilan, bisa cantik atau tidak, lengket atau tidak, hangus atau tidak, dll. Masalah penampilan buat saya nomor 2, lha wong saya bikin kue cantik juga nggak bisa platting. Kalau di foto ya gitu-gitu doank. hehehe... Jadi kalo buat saya, tetap, saya jadi yang utama..

Sedikit tips buat para pemuda yang ingin hasil cakenya lembut:

  1. Gunakan kuning telur lebih banyak dari pada putih telur. Sebenarnya di adonan ini memakai 4 butir telur saja sudah cukup, tetapi saya ingin cake yang lembut, jadi pemakaian putih telur saya kurangi.
  2. Gunakan butter. Sebenarnya menggunakan margarin saja juga sudah cukup, tetapi kuenya hanya akan lembut waktu panas. Saat sudah dingin akan menjadi agak kaku. Berbeda jika kita menggunakan butter semua, tetapi berhubung butter saya tinggal 75 gram, jadi saya campur menggunakan margarin.
  3. Kocok dengan benar adonannya, jangan terburu-buru memasukkan tepung dan butter. Hasil kocokan yang sempurna juga mempengaruhi hasil kuenya. Kalau mengocoknya tidak sempurna, kue akan bantat. Bagaimana mengocok yang sempurna? Kocok adonan telur dan gula hingga menjadi putih dan kental. Ciri lain, kalau diambil dengan ujung sendok, adonan tidak akan tumpah.
  4. Pengovenan yang benar. Saya sendiri juga kurang ahli dalam menentukan waktu pengovenan, tetapi biasanya saya menggunakan api bawah terlebih dahulu kemudian baru dipindah ke api atas. Suhu yang digunakan sekitar 170 - 180 derajat. Kalau menggunakan kompor?? Kenali kompornya terlebih dahulu, kalau nyala api besar gunakan setengah api saja, tetapi jika nyala api kecil gunakan nyala api penuh.
Sekian dulu resep dan tips yang resepaladebora dapat bagikan. Sampai ketemu di resep-resep yang akan datang. God Bless..



Resep Cake Kopi 4.5 5 Debora Dwi Friday, 14 July 2017 resep cake kopi, resep cake dengan kopi instan Resep Cake Kopi Resep Cake Kopi Resep Cake Kopi - Bikin cake kopi ini gara-gara masih ada sisa bahan kue waaktu lebaran kemarin, dari...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.