Resep Gulai Daun Singkong Telur Khas Jawa

 on Thursday 27 July 2017  

Resep Gulai Daun Singkong Telur Khas Jawa

Resep Gulai Daun Singkong Telur Khas Jawa
Resep Gulai Daun Singkong Telur Khas Jawa
Resep Gulai Daun Singkong Telur Khas Jawa - bahan baku jadul dimasak secara modern, itulah gulai daun singkong. Daun singkong merupakan makanan yang sering dikonsumsi orang jaman dahulu, kalau tidak percaya silahkan tanya ke nenek atau kakek kita. Jaman dahulu beras atau nasi termasuk barang langka, masih susah didapat, Salah satu solusi untuk menyiasati perut lapar, warga Indonesia menggunakan singkong. baik itu umbinya maupun daunnya. Singkongnya sendiri biasanya dibuat seperti nasi atau yang lebih dikenal dengan nasi tiwul, sedangkan daunnya biasa direbus biasa saja. Jaman dahulu kala belum mengenal yang namanya gulai daun singkong. Maka dari itu saya menyebutkan resep gulai daun singkong telur merupakan makanan berbahan baku jadul tetapi dimasak secara modern.

Loh, gulai daun singkong kok dari Jawa? Bukannya gulai daun singkong lebih terkenal di Padang? Hehehe, gulai daun singkong memang terkenal di Padang, tapi berhubung saya ada di Jawa, maka namanya jadi resep daun singkok telur khas Jawa. Bumbunya sudah saya sesuaikan dengan selera Jawa. Seperti kebanyakan masakan jawa, kita menggunakan bumbu-bumbu seperti kemiri, ketumbar, dll. Rasanya pun gurih pedas.

Bukan hanya daun singkong yang saya gulai, saya menambahkan telur rebus yang digoreng. Kalau ini kesukaan suami, setiap saya membuat gulai daun singkong pasti minta dibuatkan telur rebus yang digoreng sehingga kulit luar telur menjadi agak kering mlepuh-lepuh. Telur rebus yang digoreng, bercampur dengan gulai daun singkong sangat cocok. Pengen nyoba juga bun? Silahkan cek resep-resepnya.

Resep Gulai Daun Singkong Telur Khas Jawa

Resep Gulai Daun Singkong Telur Khas Jawa
Resep Gulai Daun Singkong Telur Khas Jawa

Bahan-bahan:
3 ikat daun singkong, rebus hingga empuk
6 siung bawang merah
5 siung bawang putih
10 buah cabai merah besar
5 buah cabai kerah kecil (biarkan utuh)
1 buah tomat
3 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar
1 ruas kunyit
Daun salam
Lengkuas
Daun jeruk
Serai
Santan dari 1 butir kelapa
10 butir telur ayam, rebus kemudian goreng

Cara membuat:
1. Haluskan cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, tomat dan kunyit.
2. Tumis bumbu halus beserta daun salam, daun jeruk, lengkuas, cabai merah kecil dan serai hingga harum.
3. Masukkan daun singkong dan santan.
4. Tambahkan garam, gula dan penyedap.
5. Masak hingga semua matang.
6. Masukkan telur ayam, biarkan mendidih. Angkat dan sajikan.


Cukup mudah ternyata membuat masakan jawa, yang paling ribet ada di uleg-uleg bumbu halusnya. Tetapi sekarang udah nggak perlu lagi galau, kan ada blander. Tinggal cemplung cemplung, blander sebentar udah jadi dah. Kalau banyak yang bilang menghaluskan bumbu pakai blander nggak sedap, itu mitos bun.. Buktinya selama ini saya pakai blander tetap saja masakan saya ludes. Enak atau tidaknya masakan bukan dari alat ulegannya tapi dari bumbu yang digunakan. Bener nggak bun?


Satu lagi tips yang mau resep ala debora bagikan, kalau mau membuat resep gulai daun singkong gunakan daun singkong yang masih muda, biar teksturnya tidak keras. Selain memilih yang muda, kita juga pilih daun singkong yang batangnya berwana merah. Kenapa? Karena daun berbatang merah lebih cepat lunak ketika direbus. Bisa lebih ngirit gas dan waktu.


Sekian dulu resep yang sudah saya bagikan. God bless.




janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.
Yesaya 41 : 10





Resep Gulai Daun Singkong Telur Khas Jawa 4.5 5 Debora Thursday 27 July 2017 Resep Gulai Daun Singkong Telur Khas Jawa Resep Gulai Daun Singkong Telur Khas Jawa Resep Gulai Daun Singkong Telur Khas Jawa Resep Gulai Daun Singkong Telur Khas Jawa - bahan...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.