Resep Bolu Kukus Mandarin

 on Tuesday, 8 August 2017  

Resep Bolu Kukus Mandarin

Resep Bolu Kukus Mandarin
Resep Bolu Kukus Mandarin


Resep Bolu Kukus Mandarin - berawal iseng-iseng download aplikasi resep di hape, kemudian tertarik dengan sebuah resep. Resep Bolu kukus mandarin. Baca-baca resep dan sepertinya mudah dipraktekkan. Sebenarnya pengen banget bikin roti mandarin yang legendaris, tapi kayaknya ribet, ngovennya kudu tiga kali. Lapisan kuning, coklat dan kuning. Selain makan waktu juga makan bahan, satu resep bolu mandarin butuh 30 kuning telur. Iya, 30 kuning telur. WOOOWWW nggak tuh?? Hehehe.. Jadi waktu liat resep bolu kukus mandarin langsung deh jatuh hati pengen nyobain.

Resep Bolu Kukus Mandarin
Resep Bolu Kukus Mandarin

Cuma lagi-lagi kendalanya ada pada telur, telur yang dgunakan buat 1 resep ada 10 biji. Emang sih nggak sebanyak roti mandarin yang oven, tapi ya tetep, rada mikir mikir juga. Kalau resepnya mulus dan orang rumah suka, 10 butir telur bukan masalah. Lha kalo jadinya ancur, bantat, atau yang lainnya? Sayang kan 10 telur dbuang percuma. Akhirnya saya akalin bikin setengah resep aja. Saya pakai loyang bunder kecil.

Tapiii... setelah mateng jadi nyesel, kenapa tadi nggak bikin 1 adonan skalian. Baru mateng aja, aku udah habis 2 potong. Belum ada setengah hari udah ludes. Ternyata bolu kukus mandarin lembut banget. Sukaaa...  saran saya, dari pada nyesel diakhir kayak saya, mending bikin 1 adonan aja bun. Dijamin resepnya anti gagal, sudah saya uji coba.

Resep Bolu Kukus Mandarin

Resep Bolu Kukus Mandarin
Resep Bolu Kukus Mandarin
Bahan-bahan:
8 kuning telur
2 butir telur utuk
150 gram gula pasir
1 sdt ovalet
1 sdt baking powder
50 ml santan kental
50 ml margarin, lelehkan
125 gram tepung terigu (me: segitiga biru)
25 gram maizena

Cara membuat:
1. Kocok telur dan gula sampai setengah mengembang. Masukkan ovalet dan baking powder. Kocok terus sampai kental, adonan menjadi putih dan berjejak.
2. Matikan mixer, masukkan tepung terigu, maizena, margarin dan santan secara bergantian dan sedikit demi sedikit. Aduk dengan spatula sampai rata.
3. Bagi menjadi 3 bagian. Yang 1 beri coklat bubuk, aduk.
4. Tuang adonan putih terlebih dahulu, kemudian kukus selama 10 menit. Tuang adonan coklat diatas adonan putih, kukus lagi 10 menit. Terakhir tuang adonan putih di atas adonan coklat, kukus 20 menit.
5. Angkat dan sajikan.

Tips dalam membuat resep bolu kukus mandarin:
1. Pastikan tempat pengocok adonan benar-benar bersih, kering dan bebas dari minyak
2. Pastikan mengocoknya sampai benar-benar kental. Cirinya ketika mixer diangkat, adonan yang turun akan menimbulkan bekas pada adonan yang di bawah. Atau yang sering disebut berjejak. Ciri lain, adonan akan berwarna pucat.
3. Sebelum mengukus, pastikan kukusan atau  dandang atau langseng yang digunakan sudah dalam kondisi panas, air di bawah sudah mendidih.
4. Jangan lupa mengolesi loyang dengan minyak atau margarin, kalau mau lebih aman (mudah dibalik, tidak lengket) lagi tambahkan kertas roti dan olesi kembali dengan margarin.
5. Saat mengukus, jangan lupa beri serbet pada tutupnya. Tujuannya agar air yang menguap tidak merusak adonan kue.
6. Perhatikan air pengukusan, jangan sampai terlalu sedikit. Bisa hangus nanti. Heheh...

Mungkin sekian dulu resep ala debora yang bisa bagikan, tetap nantikan resep-resep selanjutnya.

Selamat mencoba. God bless

Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.  Ulangan 31 : 6
Resep Bolu Kukus Mandarin 4.5 5 Debora Dwi Tuesday, 8 August 2017 Resep Bolu Kukus Mandarin Resep Bolu Kukus Mandarin Resep Bolu Kukus Mandarin Resep Bolu Kukus Mandarin - berawal iseng-iseng download aplikasi resep di ha...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.