Resep Oblok Oblok Daun Lembayung

 on Sunday, 6 August 2017  

Resep Oblok Oblok Daun Lembayung


Resep Oblok Oblok Daun Lembayung - Mungkin ada yang masih asing dengan nama daun lembayun, daun lebayung itu daun kacang panjang. Di daerah saya, daun lembayung lebih dikenal dengan nama dong mbayung. Daun lembayung memiliki tekstur kaku, jadi kalau salah dalam proses pemasakan akan menghasilkan oblok oblok daun lembayung yang keras. Tetapi tenang saja, tidak perlu khawatir, resep ala debora akan berbagi resep agar daun lembayung tidak kaku dan kasap ketika dimakan.

Tips agar daun lembayung cepat lunak adalah dengan meremas-remas daun lembayung bersama garam. Jadi setelah daun lembayung disiangi, beri garam trus remas-remas sampai daun menjadi lunak dan mengeluarkan air. Kemudian cuci bersih dan siap untuk dimasak.

Jika belum mengenal daun lembayung, pasti bingung untuk mengolahnya. Padahal daun lembayung enak dibuat beberapa masakan, contoh saja oblok oblok, bobor.

Saya suka sekali oblok-oblok daun lembayung, selain menyehatkan rasanyapun nikmat. Buat yang kurang suka makan santan, oblok oblok daun lembayung ini bisa menjadi salah satu alternatifnya. Oblok-oblok merupakan masakan khas jawa tengah, memasaknya menggunakan parutan kelapa yang masih muda. Jadi rasanya tidak eneg kalau makan makanan bersantan. Oblok-oblog daun lembayung ini segar, gurih dan ada rasa pedas-pedasnya.

Salah satu lagi alasan kenapa saya suka membuat resep oblok oblok daun lembayung, karena masaknya yang mudah. Kalau biasanya masakan jawa rempah-rempahnya buanyaaakk dan bumbunya pun harus diuleg atau dihaluskan. Ini tidak. Bumbunya mirip oseng oseng, bawang merah, bawang putih, cabai. Udah, itu aja. Dan sukanya lagi, gak perlu susah susah nguleg. Diiris tipis saja cukup.

Oh, iya. Tambah 1 lagi keistimewaan daun lembayung. Murah meriah. Hahaha, hayo ngaku.. siapa yang suka barang murah kualitas baik? Tadi saya beli 1 ikat lembayung harganya 500, iya bener bun lima ratus perak. Saya beli 4 ikat, saya pilih yang muda muda, sisanya buat kelinci. Hayooo... kurang ngirit apa coba?

Makanya, segera dicontek resep oblok oblok daun lembayung ala deboranya..


Resep Oblok Oblok Daun Lembayung


Bahan-bahan:
4 ikat daun lembayung
6 siung bawang merah
5 siung bawang putih
100 gram cabai hijau besar
Cabai rawit merah sesuai selera
1 butir kelapa parut yang masih muda
garam
Gula
Lengkuas
Daun salam

Cara membuat:
1. Rebus daun lembayung yang sudah diperas dan dicuci bersih hingga lunak.
2. Masukkan semua bumbu, tunggu hingga matang.
3. Siap disajikan.

Mudah kan? Cuma butuh 3 langkah saja kok bun. Oblok oblok daun lembayung sebenarnya lebih nikmat lagi kalau ditambah ikan teri sama pete. Tapi berhubung stok ikan teri sama pete lagi nggak ada, saya nggak pakai. Tapi tetep enak kok, buktinya langsung ludes masakan saya.

Selamat mencoba. God bless

Orang bijak menyimpan pengetahuan, tetapi mulut orang bodoh adalah kebinasaan yang mengancam.  (Amsal 10:14)

Resep Oblok Oblok Daun Lembayung 4.5 5 Debora Dwi Sunday, 6 August 2017 Resep Oblok Oblok Daun Lembayung Resep Oblok Oblok Daun Lembayung - Mungkin ada yang masih asing dengan nama daun lembayun, daun lebay...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.