Resep Gethuk Singkong Sederhana

 on Tuesday, 1 August 2017  

Resep Gethuk Singkong Sederhana

Resep Gethuk Singkong Sederhana
Resep Gethuk Singkong Sederhana

Resep Gethuk Singkong Sederhana - gethuk singkong atau yang sering disebut gethuk lindri merupakan camilan sederhana yang cukup legendaris. Hampir semua orang mengenal yang namanya gethuk singkong. Bahkan sampai ada orang yang dengan sengaja membuatkan lagu buat gethuk singkong. Tau kan lagunya? Itu lho, yang kata-katanya "gethuk, asale saka tela". Luar biasa bukan? Hayo, kalian ada yang pernah dibuatin lagu gak? Kalah kan sama gethuk. Hehehe...

Ya sudah, nggak usah baper. Biarlah si gethuk dibikinin lagu, kita belajar bikin gethuknya saja. Kalau di lagu tadi gethuk berasal dari ketela, kalo kali ini resep ala debora berbagi resep gethuk lindri berbahan dasar singkong. Bedanya apa? Bedanya kalau pakai singkong lebih ada rasa gurih-gurihnya, tapi kalau ketela rasanya cenderung manis. Soalnya, tanpa diberi gula saja ketela sudah manis. Kalau saya kurang begitu suka dengan singkong ketela.

Salah satu kelebihan resep gethuk lindri ala debora adalah penggunaan santan. Di sini saya menggunakan santan kental agar lebih gurih. Tapi jangan banyak-banyak pakai santannya, jadi bubur ntar. Susah dibetuk. Oh iya, kalau tidak punya cetakan gethuk yang panjang-panjang itu, bisa juga kok dibentuk biasa. Pakai wadah apa saja yang ada di rumah. Bisa baskom, rantang, mangkuk atau apa saja. Tinggal tekan-tekan sampai padat. Nanti tinggal diiris-iris dan sajikan.

Untuk resep kali ini, saya gunakan 1/2 kg singkong. Kalau kalian mau bikin sedikit tinggal dikurang-kurangin aja bahannya. Oke bun, udah siap buku catatan sama pensilnya? Ini dia resep gethuk singkong sederhana ala debora.

Resep Guthuk Singkong

Resep Gethuk Singkong Sederhana
Resep Gethuk Singkong Sederhana

Bahan-bahan:
1/2 kg singkong
1 buah gula merah
Sejumput garam
25 ml santan kental
1/2 butir kelapa, parut

Cara membuat:
1. Rebus singkong, kemudian haluskan bersama dengan gula merah, garam dan santan.
2. Pastikan semua bagian tercampur rata. Cetak sesuai selera. Hidangkan bersama kelapa parut.

Sangat sederhana bukan? Cuma butuh dua langkah dan selesai. Hehe..

Sedikit tips dari resep ala Debora:
1. Untuk mempermudah proses penghalusan, lebih baik haluskan dulu singkong kukus. Kemudian gulanya dilarutkan dalam santan dengan cara direbus. Trus, tinggal aduk rata gethuknya.

2. Kalau mau pakai warna, tinggal berikan pewarna makanan. Aduk hingga rata. Udah, gitu doank.

Semoga bisa membantu. Lumayankan kalau ada tamu atau arisan dibuatkan gethuk singkong sendiri. Singkong 1/2 kg paling cuma 2rb, udah jadi buanyaaakk..

Sekian dulu resep dan tips ala Deboranya. God bless.

Tidak tahukah kamu, bahwa dalam gelanggang pertandingan semua peserta turut berlari, tetapi bahwa hanya satu orang saja yang mendapat hadiah? Karena itu larilah begitu rupa, sehingga kamu memperolehnya! (1 Korintus 9:24)


Resep Gethuk Singkong Sederhana 4.5 5 Debora Dwi Tuesday, 1 August 2017 Resep gethuk singkong sederhana Resep Gethuk Singkong Sederhana Resep Gethuk Singkong Sederhana Resep Gethuk Singkong Sederhana - gethuk singkong atau yang sering d...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.