Resep Kue Sus Isi Vla yang lembut

 on Sunday 13 August 2017  

Resep Kue Sus Isi Vla yang Lembut


Resep Kue Sus Isi Vla yang Lembut - siapa yang nggak tau kue sus? Saya kita semua tau kue satu ini. Kue sus sudah sangat terkenal di negara kita, bahkan di pasar daerah saya juga ada yang berjualan sus vla. Tapi nggak tau kenapa, saya kurang cocok dengan rasa kue sus di pasar. Lebih nikmat kalau buat sendiri. Kalau buat sendiri rasa gurih kulit dan manis isinya itu pas.

Di Belanda, kue yang berbentuk bundar dan berongga ini memiliki nama soes. Mungkin karena sudah masuk ke Indonesia jadi menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia jadi kue sus. Beda lagi kalau di Perancis, kue sus memiliki nama choux. Hehe, keren ya? Tapi tidak sekeren artinya kok. Arti choux itu kubis, karena bentuk kue sus mirip kubis jadi disebut choux.

Kue sus biasanya berisi vla atau daging atau juga sayuran. Kalau kali ini resep ala Debora mau berbagi sus yang berisi vla. Vla merupakan susu yang dikentalkan, jadi rasanya cenderung manis. Cocok dengan kulit sus yang gurih.

Resep kue sus isi vla ini termasuk salah satu makanan kesukaan teman-temanku. Selain kroket tepung, mereka ngefens banget sama kue sus. Apalagi kalau kue susnya masih fresh dari oven, makain mak nyuzzz.. Tapi biasanya kue sus disajikan setelah dingin, karena kalau masih panas susah buat diisi. Kulit susnya kalau masih panas susah buat dibelah, sedangkan vlanya akan lembek sekali kalau dimasukkan saat panas. Jadi biasanya sus vla di sajikan ketika sudah dingin. Tapi berhubung buat sendiri, jadi masih panas2 pun nekat diisi dan disajikan. Hehehe...

Resep Kue Sus Isi Vla yang lembut


Bahan Kulit:
250 gram tepung terigu (saya pakai segitiga biru)
200 gram mentega
7 butir telor
Sedikit garam
2 sendok makan minyak goreng
500 cc air


Bahan Vla:
200 gram tepung terigu (saya menggunakannya segitiga biru)
200 gram gula pasir
2 butir telor
50 gram mentega
½ kaleng susu kental manis
2 sendok makan rum bakar
1000 cc air
Sedikit garam

Cara Membuat Kulit Sus:
  1. Rebus air, mentega dan garam.
  2. Setelah mendidih masukkan tepung terigu, sambil diaduk aduk sampai adonan kalis.
  3. Angkat dan tunggu sampai adonan menjadi hangat.
  4. Setelah adonan menjadi hangat, masukkan telor dan minyak goreng, mixer sampai rata.
  5. Kemudian cetak adonan dan oven sampai warnanya kuning kecoklat2an. Angkat, dinginkan.
Cara Membuat Vla:
  1. Aduk telor, susu, sedikit gula, sebagian air sampai tercampur rata.
  2. Rebus sisa air, gula pasir, mentega, garam, tunggu hingga mendidih.
  3. Setelah mendidih masukkan adonan telur sambil diaduk terus sampai tercampur dan mendidih, kemudian diangkat.
  4. Tunggu vla menjadi dingin.
  5. Setelah dingin masukkan rum bakar. Dan adonan siap dimasukkan ke dalam kulit sus.
Tips Mengoven Kue Sus Vla: 
  1. Panaskan oven terlebih dahulu sebelum mengoven kue sus.
  2.  Gunakan api yang besar ketika kue sus dimasukkan ke dalam oven. Biasanya saya menggunakan 200 derajat sampai 220 derajat, tergantung oven masing-masing.
  3. Setelah kue sus terlihat agak kecoklatan dan mengembang sempurna, kecilkan apinya sampai sus matang. Biasanya saya menggunakan suhu 160 - 180 derajat.
  4. Saat mengaduk adonan kulit sus, pastikan semua teraduk dengan rata, karena akan mempengaruhi hasil akhir kue sus. Untuk hasil maksimal gunakan mixer untuk mengaduknya.
  5. Jangan terburu-buru mengeluarkan kue sus dari oven, karena kalau belum matang benar, kue sus akan mengempis. Kalau bahasa jawanya amblek. Amati permukaan sus, kalau semua sudah kecoklatan baru diangkat.
  6. Jangan terlalu sering membuka dan menutup oven, karena akan mempengaruhi hasil pengovenan. Biasanya kue sus yang dihasilkan tidak akan mengembang dan menghasilkan kue sus yang bantat.
  7. Dalam membuat vla, gunakan api kecil ketika mencampurkan adonan. Karena vla terbuat dari susu dan gula yang mudah hangus.
Kue sus yang benar itu tengahnya kosong, sehingga bisa di isi dengan berbagai macam isian. Akhir kata, selamat mencoba. Semoga sukses. God bless

Jalan TUHAN adalah perlindungan bagi orang yang tulus, tetapi kebinasaan bagi orang yang berbuat jahat.  (Amsal 10:29)



Resep Kue Sus Isi Vla yang lembut 4.5 5 Debora Sunday 13 August 2017 Resep Kue Sus Isi Vla yang Lembut Resep Kue Sus Isi Vla yang Lembut - siapa yang nggak tau kue sus? Saya kita semua tau kue satu ini. ...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.