Resep Oseng Kikil Sapi Cabai Hijau

 on Friday, 1 September 2017  

Resep Oseng Kikil Sapi Cabai Hijau

Resep Oseng Kikil Sapi Cabai Hijau
Resep Oseng Kikil Sapi Cabai Hijau

Resep Oseng Kikil Sapi Cabai Hijau - Sebelumnya resepaladebora mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA bagi yang merayakan. Berhubung hari ini hari raya korban, saya ingin membagikan sebuah resep olahan kikil sapi. Iya si, ini bukan daging korban, tapi paling tidak mewakili dari bagian dari sapi. Hehehe... Inilah resep oseng kikil cabai hijau ala debora.

Mungkin ada yang belum ngerti apa itu kikil. Kikil merupakan bagian tubuh sapi di bagian kaki. Kikil sapi memiliki tekstur kenyal, tidak seperti daging sapi yang berserat. Kikil sapi tidak memiliki serat. Biasanya kikil sapi dimasak oseng pakai cabai hijau yang buanyak biar pedasnya nendang. Duar.. duar.. duar.. Kalau di daerah saya oseng kikil yang super duper pedes disebutnya oseng mercon. Saya paling suka masakan Resep Oseng Kikil Sapi Cabai Hijau yang pedesnya bikin nangis. Tapi berhubung suami dan mertua kurang suka pedas, jadi cabainya saya kurangi.

Resep Oseng Kikil Sapi Cabai Hijau bisa dikatakan resep yang cukup mudah. Bumbu-bumbunya pun tidak terlalu banyak. Jadi sangat cocok buat yang sedang belajar memasak. Biasanya yang membuat malas mengolah sapi atau bagian sapi yang lain seperti kikil adalah perebusannya yang lama. Kalau ada presto sih gampang, tinggal di presto 15 - 20 menit udah empuk. Tapi kalau tidak ada? Satu tips dari saya bun, luangkan waktu dan banyak-banyak bersabar. Hehehe.. Bercanda bu, tenang saja. Jaman sekarang banyak kok yang jual kikil yang sudah direbus. Ntar tinggal direbus ulang di rumah biar benar-benar empuk.

Sebelum mengolah kikil menjadi oseng-oseng mercon sebaiknya rebus kikil terlebih dahulu. Setelah itu buang air rebusan dan cuci bersih kikil. Baru kemudian poton-potong kikil sesua selera. Terakhir tinggal dibumbu sesuai selera.

Resep Oseng Kikil Sapi Cabai Hijau

Resep Oseng Kikil Sapi Cabai Hijau
Resep Oseng Kikil Sapi Cabai Hijau

Bahan-bahan:
  • 500 gram kikil
  • 6 siung bawang merah, iris halus
  • 4 siung bawang putih, iris halus
  • cabai hijau sesuai selera (jika suka pedas dapat juga ditambahkan cabai rawit merah)
  • gula merah
  • garam
  • kecap manis
  • lengkuas
  • daun salam
  • minyak untuk menumis bumbu

Cara membuat :
  1. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
  2. Masukkan cabai, lengkuas dan daun salam sampai cabainya layu.
  3. Masukkan kikil dan beri air, garam, gula merah dan kecap, biarkan sampai air menyusut dan meresap ke dalam kikil.
  4. Angkat dan sajikan.

Resep Oseng Kikil Sapi Cabai Hijau sebenarnya banyak fariasinya. Ada yang menambahkan tomat, jahe, terasi, dll. Kalau saya lebih suka resep yang sederhana saja. Yang sederhana saja enak, kenapa harus ribet pakai ini itu. Iya nggak bun? Untuk masalah kuahnya juga selera, ada yang suka berkuah ada yang suka kering. Berhubung saya masak buat mertua yang sudah susah ngunyah, jadinya saya buat berkuah nyemek. Kalau mau yang tanpa kuah juga bisa, rebus saja lebih lama sampai kuahnya kering, dan sajikan deh.

Resep Oseng Kikil Sapi Cabai Hijau ini nikmat sekali disantap dengan nasi anget. Saya tadi saja, sarapan sampai nambah nasi. Bener-bener nikmat dunia.

Sekian dulu ya bun resep ada deboranya. Semoga di kesempatan yang akan datang saya bisa share masakan-masakan sederhana dengan cita rasa yang nikmat lainnya. God Bless..



Aku tahu bahwa segala sesuatu yang dilakukan Allah akan tetap ada untuk selamanya; itu tak dapat ditambah dan tak dapat dikurangi; Allah berbuat demikian, supaya manusia takut akan Dia. 
(Pengkhotbah 3:14)


Resep Oseng Kikil Sapi Cabai Hijau 4.5 5 Debora Dwi Friday, 1 September 2017 Resep Oseng Kikil Sapi Cabai Hijau Resep Oseng Kikil Sapi Cabai Hijau Resep Oseng Kikil Sapi Cabai Hijau Resep Oseng Kikil Sapi Cabai Hijau - Sebelumnya resepaladebora ...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.