Resep Bakmi Godhog Jawa

 on Saturday 23 September 2017  

Resep Bakmi Godhog Jawa


Resep Bakmi Godhog Jawa
Resep Bakmi Godhog Jawa

Resep Bakmi Godhog Jawa - Malam- malam paling nikmat kalau makan bakmi godhog. Siapa setuju? Pastinya semua setuju, dinginnya angin malam akan hilang dengan semangkuk bakmi godhog jawa yang masih panas dan pedes.

Bakmi godhog kalau dalam bahasa Indonesia memiliki arti mie rebus. Godhog itu berasal dari bahasa Jawa yang berarti rebus. Jadi sudah jelas bahwa bakmi godhog itu mie yang dimasak dengan cara direbus.

Mie yang digunakan bisa mie apa saja, dari mie kering atau mie basah. Kalau di resep saya kali ini menggunakan mie kering, karena yang selalu tersedia di rumah ya mie kering. Sebenarnya lebih nikmat kalau mie basah, cuma mie basah gak bisa awet disimpan. Paling banter cuma 2 hari. Jadi buat para bunda yang pernah beli mie basah yang dapat disimpan lama, harus berhati-hati. Jangan-jangan mie tersebut menggunakan formalin. Ya, buat berjaga-jaga aja bun.

Makanan mie pastinya tidak asing lagi bagi kita orang Indonesia. Bahkan karena banyaknya jenis mie, sampai ada yang dibuat dalam bentuk instan. Tetapi kali ini, saya tidak ajarkan bagaimana memasak mie instan. Hehe.. resep ala debora kali ini ingin berbagi resep bakmi godhog jawa.

Perbedaannya bakmi godhog jawa dengan bakmi godhog daerah lain apa? Hehe, kurang tau juga sih saya. Setau saya, resep bakmi yang saya buat ini ya bakmi godhog jawa. Masalahnya selama ini saya tinggal di jawa, dan tiap beli mie bentuknya semacam ini. Lagi pula saya belum pernah mencicipi bakmi dari daerah lain, jadi tidak bisa membedakan. Yang pasti, bakmi godhog jawa itu memiliki rasa yang segar dan menghangatkan.


Resep Bakmi Godhog Jawa

Resep Bakmi Godhog Jawa

Bahan-bahan:

  • 2 bungkus mie kering, rebus dan tiriskan
  • 100 gram daging ayam, rebus, suir-suir
  • 5 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh merica
  • 3 butir kemiri
  • Ebi
  • 2 butir telur
  • Garam
  • Gula
  • Wortel, sawi, kubis, daun bawang, sledri, tomat
  • Minyak untuk menumis


Cara membuat:

  1. Haluskan bawang putih, merica, kemiri dan ebi.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan telur dan ayam suwir, oseng sampai telur hancur.
  3. Masukkan wortel, sawi, kubis, daun bawang, seledri dan tomat. Tumis hingga sayuran layu.
  4. Beri air kaldu dari rebusan ayam, garam dan gula. Biarkan hingga mendidih.
  5. Terakhir masukkan mie dan diamkan sampai matang. Angkat, sajikan.
Bakmi godhog lebih nikmat dimakan saat masih panas. Jangan lupa beri taburan bawang merah di atasnya. Jika suka pedas, bisa juga ditambah irisan cabai. Selamat mencoba.

Upah pekerjaan orang benar membawa kepada kehidupan, penghasilan orang fasik membawa kepada dosa.  (Amsal 10:16)

Resep Bakmi Godhog Jawa 4.5 5 Debora Saturday 23 September 2017 Resep Bakmi Godhog Jawa Resep Bakmi Godhog Jawa Resep Bakmi Godhog Jawa Resep Bakmi Godhog Jawa - Malam- malam paling nikmat kalau makan bakmi godhog. S...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.