Resep Sayur Asem Belimbing Wuluh

 on Wednesday 6 September 2017  

Resep Sayur Asem Belimbing Wuluh

Resep Sayur Asem Belimbing Wuluh
Resep Sayur Asem Belimbing Wuluh

Resep Sayur Asem Belimbing Wuluh - Hari ini kepingin makan yang seger-seger, no daging no santan. Akhirnya resep ala Debora memilih Resep Sayur Asem Belimbing Wuluh. Kebetulan pohon blimbing wuluh di rumah baru lebat-lebatnya berbuah. Hmmm... baru bayangin aja udah ngiler, seger banget pastinya. Ya udah, cuzz deh buat sayur asem.

Kalau kebanyakan orang membuat sayur asem pakai asem, saya lebih suka pakai belimbing wuluh. Soalnya kalau pakai belimbing wuluh itu kuahnya bisa bening dan rasanya lebih seger. Berbeda jika menggunakan asam jawa, kuahnya akan cenderung keruh kecoklatan. Tetapi itu semua kembali ke selera masing-masing.

Sayur asem belimbing wuluh cocok dinikmati dengan ikan asin, sambal terasi dan petai. Berhubung di rumah tidak punya stok ikan asin jadi saya skip saja. Yang penting sambalnya jangan sampai terlupakan. Iya nggak bun? Sayur asem tanpa sambal itu serasa makan sayur tanpa garam, hambar. Hahaha...

Resep Sayur Asem Belimbing Wuluh bisa dikatakan sangat mudah, berbeda dengan sayur asem daerah jawa barat yang bumbu rempah-rempahnya buanyaaakk. Sayur asem ala debora ini bumbunya sederhana, tapi rasannya seger banget. Nggak percaya, silahkan disimak sendiri.

Resep Sayur Asem Belimbing Wuluh


Resep Sayur Asem Belimbing Wuluh
Resep Sayur Asem Belimbing Wuluh

Bahan-bahan:
  • 100 gram kacang tanah, rendam kira-kira 6 jam
  • 1 buah jipan ukuran kecil/sedang, potong dadu
  • 10 buah kacang panjang, potong-potong
  • tauge kedelai, tauge yang kepalanya besar-besar 
  • 7 buah belimbing wuluh, iris-iris
  • 1 ikat daun melinjo
  • 5 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 butir bawang putih, iris tipis
  • garam secukupnya
  • 2 lembar daun salam

Cara membuat :
  1. Rebus kacang tanah, kemudian tiriskan dan sisihkan.
  2. Rebus air, masukkan bawang merah, bawang putih, garam dan daun salam. Tunggu hingga air mendidih.
  3. Jika air mendidih, kita masukkan semua sayuran yang ada. Rebus sampai sayuran matang.
  4. Angkat dan sajikan.
Seperti yang saya bilang tadi, sebagai pelengkap sayur asem biasanya menggunakan sambal terasi, ikan asin dan petai. Bisa juga ikan asin diganti tahu tempe, tidak kalah nikmat kok. Yang penting sambalnya tidak terlupakan. Hehehe.. Untuk pemakaian belimbing wuluh sebenarnya sesuai selera saja, kalau mau lebih terasa asemnya bisa ditambah. Masak itu sesuai selera saja kalau menurut saya.

Sekian resep ala Debora yang dapat saya bagikan. Selamat mencoba. God Bless.

"Karena itu rendahkalah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya.Serahkanlah segala kekuatiran kepada-Nya sebab Ia yang memelihara kamu." 
(I Petrus 5:6-7)

Resep Sayur Asem Belimbing Wuluh 4.5 5 Debora Wednesday 6 September 2017 Resep Sayur Asem Belimbing Wuluh Resep Sayur Asem Belimbing Wuluh Resep Sayur Asem Belimbing Wuluh Resep Sayur Asem Belimbing Wuluh - Hari ini kepingin makan yang...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.