Resep Kare Ayam sedehana

 on Tuesday 3 October 2017  

Resep Kare Ayam sedehana

Resep Kare Ayam sedehana
Resep Kare Ayam sedehana

Resep Kare Ayam sedehana - Mertua saya hobi banget beli kare ayam, saya jadi penasaran bagaimana cara membuatnya. Googling dengan keyword kare ayam, nggak nemu resepnya. Adanya kare ayam yang bersantan kental dan berwarna merah. Tidak seperti kare ayam yang saya cari. Kalau kare ayam yang saya buat ini juga berkuah santan, tetapi santan encer. Jadi mirip sop, cuma berempah. Bumbu-bumbu dasar kare sama dengan bumbu dasar opor, cuma kalau opor menggunakan kuah santan kental tetapi kare menggunakan kuah santan encer.

Walaupun kare menggunakan santan, rasanya tidak bikin eneg. Rasanya segar, ditambah dengan sayuran yang di rebus jadi semakin istimewa. Sayurannya juga hampir mirip seperti sup. Ada wortel, kembang kubis, tauge, irisan daun seledri. Ada juga yang menggunakan buncis, kol dan kacang kapri sebagai isiannya. Tetapi saya tidak menggunakan. Semua kembali menurut selera kalau buat saya.

Resep Kare Ayam sedehana

Resep Kare Ayam sedehana
Resep Kare Ayam sedehana

Bahan-bahan:
  • 500 gram ayam
  • 2 liter air
  • garam dan gula secukupnya 
  • 1 liter santan
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 ruas jahe
  • 2 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk

Bumbu halus :
  • 7 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 ruas kunyit
  • 4 butir kemiri
  • 1 sendok teh merica
  • 1 sendok teh ketumbar

Pelengkap:
wortel, bunga kol, tauge, kacang kapri, daun seledri, bawang merah goreng dan jeruk nipis

Cara membuat:
  1. Didihkan air, masukkan ayam. Masak hingga ayam lunak. 
  2. Sambil menunggu ayam direbus, kita dapat menumis bumbu halus hingga harum.
  3. Masukkan bumbu halus ke dalam rebusan ayam. Masukkan juga garam, gula, lengkuas, jahe, daun salam dan daun jeruk. Rebus hingga bumbu meresap dan air menyusut.
  4. Terakhir kita masukkan santan dan rebus hingga semua menjadi matang. Cek sekali lagi rasanya.
  5. Angkat dan sajikan bersama pelengkap.
Jika suka bagian ayam seperti ceker atau kepala, bisa juga ditambahkan. Saya sendiri juga penggemar ceker, jadi setiap masak sayur kare pasti saya beri ceker. Selamat mencoba.



Isteri yang cakap adalah mahkota suaminya, tetapi yang membuat malu adalah seperti penyakit yang membusukkan tulang suaminya
Amsal 12:4
Resep Kare Ayam sedehana 4.5 5 Debora Tuesday 3 October 2017 Resep Kare Ayam sedehana Resep Kare Ayam sedehana Resep Kare Ayam sedehana Resep Kare Ayam sedehana - Mertua saya hobi banget beli kare ayam, saya jadi penas...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.