Resep Capcay Kuah Rumahan

 on Saturday 29 August 2015  

Resep Capcay Kuah Rumahan


Kemarin- kemarin sudah posting beberapa resep kue, mulai dari Rainbow Cake, Tiramisu, Brownies, Donat, dll. Hari ini ingin posting tentang masakan, tentunya masih dengan tema masakan rumahan dengan bahan yang sederhana dan rasa yang pastinya enak. Sebuah masakan yang tentunya tidak asing lagi bagi kita, Capcay kuah.

Capcay merupakan masakan asli dari China, tetapi sudah banyak beredar di Negara kita. Dimana-mana mudah ditemui masakan ini. Baik di restoran besar (restoran Chinese tentunya) maupun di warung-warung tenda pinggir jalan.


Karena rasanya yang enak membuat masakan ini memiliki banyak penggemarnya. Saya merupakan salah satu penggemar dari masakan ini. Selain rasanya yang gurih, sayurannya juga bermacam-macam. Capcay sendiri berasal dari bahasa cina, “cap” yang berarti 10. Jadi pada jaman dahulu, orang cina memasak Capcay menggunakan 10 macam sayuran. Tetapi sekarang hamper tidak ada orang yang memasak Capcay dengan 10 sayuran. Apalagi orang Indonesia yang hanya ikut-ikut saja.

Di resep saya ini pun saya juga tidak menggunakan 10 macam sayuran. Tetapi jika teman-teman ingin menambahkan jenis sayuran pun tidak jadi masalah.

 

Capcay Kuah


Bahan-bahan :
3 biji wortel, iris serong
1 buah sawi putih yang kecil, iris iris
250 gram sawi sendok
1 kuntum kembang kol yang kecil
1 buah tomat, potong menjadi 4
100 gram daging ayam, rebus kemudian potong dadu
3 biji sosis ayam
2 butir telur, goreng orak-arik
2 batang daun bawang
5 siung bawang putih, geprek
Garam sesuai selera
Merica sesuai selera
Penyedap rasa
1 sendok tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
Minyak/margarin untuk menumis

Cara memasak:

  1. Panaskan minyak/margarin, tumis bawang yang sudah digeprek hingga harum.
  2. Masukkan wortel, masak hingga agak lunak.
  3. Masukkan sayuran yang lain kecuali daun bawang, masak hingga sedikit layu.
  4. Tambahkan air kaldu dari rebusan ayam, ayam, sosis, telur, garam, merica, daun bawang, penyedap.
  5. Tunggu hingga air mendidih, masukkan maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk.
  6. Masak hingga sayuran matang. Angkat dan sajikan.

Mudah bukan resepnya? Untuk masakan seperti ini saya lebih menyukai rasa gurih daripada manis. Ada juga yang memasak capcay dengan menambahkan saos tomat dan gula, tapi saya kurang suka dengan rasanya. Jadi semua tergantung selera, jika teman-teman ingin memasak menggunakan saus tomat dan gula, silahkan saja. Yang penting rasanya pas di mulut masing-masing.

Sekian resep capcay kuah rumahan dari saya, nantikanresepaladebora selanjutnya. Jangan lupa mampir di postingan saya di Resep Cah Brokoli Sederhana Terong Balado, Nasi goreng Lombok Ijo dan masih ada yang lainnya.
Resep Capcay Kuah Rumahan 4.5 5 Debora Saturday 29 August 2015 Resep Capcay Kuah Rumahan Kemarin- kemarin sudah posting beberapa resep kue, mulai dari Rainbow Cake , Tiramisu , Brownies , Donat , dl...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.